Review : Kalkulator AFS Di Parenting Club

Februari 10, 2019



Pertengahan bulan desember 2018 lalu, saya menerima rapor Zaidan yang telah berhasil menyelesaikan semester pertama di sekolah tk-nya. Saya sebagai orang tua senang sekaligus bangga dengan pencapaiannya, Alhamdullilah selama 6 bulan bersekolah Zaidan dapat mengikuti kegiatan belajar dan beraktivitas lainnya dengan baik.

Walaupun pada awalnya tetap ada masa penyesuaian yang buat bundanya senewen dan ketar-ketir anaknya akan bisa bertahan nggak yah di sekolah, belum lagi ada masa dimana Zaidan juga mogok nggak mau bangun pagi dan berangkat sekolah, tapi semua bisa terlalui. Kalau sekarang 95 persen-lah Zaidan bisa saya katakan menikmati waktunya bersekolah, karena yang 5 persen masih ada males dan ngambeknya.

Dari hasil rapor yang berupa penilaian secara narasi yang dibagi menjadi beberapa kategori diantaranya yaitu mengenai kepintaran pertumbuhan dan perkembangan akal, fisik dan sosial (AFS). Saya sebagai orang tua di informasikan tidak hanya pencapaian Zaidan selama masa bersekolah namun juga perbaikan apa yang harus dilakukan dan bagaimana mempertahankan pencapaian zaidan yang sudah baik pada kategori tertentu.

Untuk Zaidan yang telah bersekolah, sebagai orang tuanya, saya hanya tinggal menunggu hasil penilaian kembali di semester kedua nanti, namun bagaimana untuk orang tua yang saat ini anaknya belum bersekolah tapi ingin tahu pertumbuhan dan perkembanan akal, fisik dan sosial  (AFS) anak ?.

Sebelum mengetahui apa itu AFS,  kita harus kenalan dulu dengan #ParentingClubID.

Parenting Club adalah sebuah website yang hadir dengan informasi dan inspirasi lengkap sesuai dengan tahapan tumbuh kembang si kecil, sehingga kita bisa mendapatkan berbagai macam informasi dan fitur terpercaya dari para ahli dan sharing dari pada blogger untuk menjadikan si kecil #PintarnyaBeda.

Untuk mendukung sinergi kepintaran akal, fisik dan sosial anak, Parenting Club menghadirkan fitur baru berupa kalkulator AFS.

Kalkulator AFS adalah sebuah tool yang dapat menilai tingkat sinergi akal, fisik dan sosial anak mulai dari usia 6 bulan hingga 7 tahun. Kalkulator AFS ini di kreasi dan diverifikasi oleh Dr. Ahmad Suryawan, dr., SpA(K) beliau adalah Dokter spesialis anak dan konsultan tumbuh kembang pediatri sosial.

Sebelum kita mencoba kalkulator AFS kita samakan pendapat dulu yuk mengenai kepintaran pada anak dari akal fisik dan sosial tersebut dan apa saja yang termasuk di dalamnya.

Kepintaran Akal merupakan kepintaran yang berkaitan dengan kemampuan kognitif si kecil yang meliputi :

  • word smart, membaca, menulis, berbicara dan mendengarkan cerita
  • music smart, bernyanyi, menggoyangkan badan, mengikuti irama memainkan instrumen musik, mendegarkan musik dan menghafal lagu
  • number smart, tertarik pada angka, matematika, sains, hal-hal yang berhubungan dengan logika dan banyak bertanya, contoh : mengapa langir berwarna biru ?
  • picture smart, suka menggambar, seni, suka berimajinasi, bermain membangun sesuatu dari balok.


Kepintaran Fisik merupakan kepintaran yang berkaitan dengan kemampuan fisik anak meliputi :

  • body smart, suka mengerjakan sesuatu dengan tangan, suka olahraga, menari, menyentuh benda dan mempelajarinya.
  • nature smart, suka berada di alam, menyukai binatang, dapat menggolongkan tanaman, mengoleksi dedaunan, perduli terhadap lingkungan alam (kesadaran ekologi)

Kepintaran Sosial merupakan kepintaran yang berkaitan dengan kemampuan si kecil meliputi :

  • self smart, memilih untuk bermain sendiri, memiliki hobi, tahu dia mau jadi apa saat besar nanti, punya rasa percaya diri yang kuat, bisa mengkomunikasikan perasaannya.
  • people smart, suka bermain dengan teman, memiliki empati terhadap orang lain, suka memimpin, bisa memahami perasaan orang lain.

Bagaimana cara pengunaan kalkulator AFS ?! Yuk ikuti langkah-langkah berikut :

1. Registrasi di website Parenting Club, bisa klik disini
2. Melengkapi data anak, bisa klik disini kita diminta memilih jenis kelamin, menginformasikan nama dan tanggal lahir anak, untuk mengetahui hasilnya tinggal klik tombol bertuliskan "tambah anak"
3. Mengisi tes sederhana mengenai kehebatan si kecil yang terdiri dari 7 pertanyaan dengan pilihan jawaban ya atau tidak, jangan khawatir atau bingung setiap jawaban ya dan tidak disertai juga kata bantu agar orang tua lebih jelas memilih salah satu jawabannya. Setiap pertanyaan yang ada pada tes ini disesuaikan dengan usia anak, jadi berbeda usia berbeda pertanyaannya. Untuk melihat hasilnya klik tombol bertuliskan "lihat hasil"
4. Kemudian akan tampil hasil tes berupa pie chart disertai dengan persentase AFS dan yang paling menyenangkan adanya rekomendasi stimulasi beserta contohnya yang dapat kita berikan pada anak yang sesuai dengan usianya.
5. Hasil tersebut juga akan dikirimkan ke email kita, seperti punya zaidan berikut ini :





Sebagai orang tua kita pasti sudah mengetahui tingkat sinergi akal, fisik dan sosial anak pada periode emasnya sangatlah penting, karena periode emas adalah masa dimana otak anak tumbuh dengan pesat yang hanya terjadi satu kali dalam kehidupannya. Untuk itu kita sebagai orang tua tidak cukup dengan hanya mengetahui saja namun juga harus terus mendukung sinergi kehebatan akal, fisik dan sosial anak untuk menjadikan #hebatnyabeda

Setelah menggunakan kalkulator AFS di Parenting Club ini saya jadi bersemangat untuk minta saudara dan teman-teman yang pada punya anak untuk ikutan mencoba menggunakan kalkulator AFS juga, karena menurut saya kalkulator AFS sangat membantu untuk kita sebagai orang tua bisa mengetahui dengan mudah lalu dapat mengoptimalkan stimulasi yang konsisten untuk kehebatan anak pada akal, fisik dan kemampuan sosialnya.

Saya cukupkan #kalkulatorAFSreview sampai disini yah, jangan lupa ikutan mencoba juga dan kalau ada yang kurang jelas tinggalkan saja pertanyaan di kolom komentar yah...




loph,
Maya Rumi

You Might Also Like

23 comments

  1. Aku juga member di parenting club itu mbak, hnya jarang aku pantau ternyata banyak info penting ya. Besok2 mampir ah buat cari info penting seputar parenting.

    BalasHapus
  2. Menjadi member parenting club' memang banyak manfaatnya ya. Khususnya buat para ibu dengan anak yang sedang dalam usia pertumbuhan. Semakin canggih teknologi semakin banyak ilmu yang bisa kita serap dan pelajari untuk anak dan keluarga

    BalasHapus
  3. Alhamdulilah ya mba MAy, kini semakin banyak aplikasi keren buat mama ((muda)) cem kita wkwkwk jadi langsung gunain kalkulator AFS demi mengetahui sinergi akal dan fisik

    BalasHapus
  4. Wah, kakak aku perlu banget mencoba kalkulator AFS ini deh untuk mengetahui kehebatan akal, fisik dan kemampuan sosial sang anak. Thanks for sharingπŸ™πŸ˜

    BalasHapus
  5. Anakku sudah lewat usia untuk pengukurannya. Aku akan infokan ini ke adik iparku biar ngukur kemampuan anaknya dengan kalkulator AFS ini :)

    BalasHapus
  6. Lbih mudah sekarang y memantau tumbuh kmbang anak berkat adanya kalkulator AFS

    BalasHapus
  7. Kalau saya masih punya anak kecil, kayaknya bakal coba kalkulator AFS ini. Nanti saya rekomendasiin ke sepupu yang masih punya anak kecil. Kalkulator begini memang bisa membantu banget

    BalasHapus
  8. Waw kepintaran sosial ini nih bisa ditinjau yah, karena selama ini daku tahunya kalau pintar itu yah dari segi nilai nya di sekolah 😁

    BalasHapus
  9. Wah, aku baru tahu ada kalkulator ini. Kalau lagi santai mau aku cobain ah buat cek anakku.

    BalasHapus
  10. Nahhh ini.. tools yang Saya butuhkan. Makasih sharingnya ya mba, Saya bookmark dulu halaman ini, lanjut praktek di parenting club.

    BalasHapus
  11. Aku juga rutin banget nih mbak cek kecerdasan anakku di parenting club ini. Hasilnya langsung dan benar-benar cocok banget dengan rayyan.

    BalasHapus
  12. Kalkulator AFS produk baru ya kak, aku infokan ke tetangga ya ... biar mengerti penggunaan kalkulator AFS

    BalasHapus
  13. Keren deh sama kalkulatos AFS ini, kita bisa mengontrol tumbuh kembang anak. Mkasih infonya kak, rekomnded buat keluarga nih

    BalasHapus
  14. Banyak ya ternyata manfaat jadi member Parenting Club ini.

    Apalagi ada aplikasi AFS ini, sebagai orangtua yang banyak nggak taunya seperti saya, bagus punya sesuatu yang bisa jadi pedoman

    BalasHapus
  15. Keren...
    Mampir ya merlynpatriscia.blogspot.com

    BalasHapus
  16. Wah jadi pingin daftar di AFS nih, untuk ngecek tumbuh kembang Athiyah apakah sudah optimal atau malah masih kurang di sana sini.

    BalasHapus
  17. wah kalkulator ini membantu banget nih buat saya ngecek perkembangan anak saya yang usianya masih 2 tahun. tapi kadang ada takutnya juga euy kalau hasilnya jelek. heu

    BalasHapus
  18. Ooo AFS itu Akal Fisik dan Sosial ya rupanya. Kukira singkatan dari bahasa asing.

    Cocok nih untuk saya terapkan di rumah bersama anak.

    BalasHapus
  19. aku udah pernah nyobain kalkulator ini Mom.. hasilnya bisa banget buat jd bahan refleksi kecerdasan apa yg perlu kita kembangkan untuk anak kita :) salut buat inovasi Parenting Club ini..

    BalasHapus
  20. Info perentingnya menarik untuk di pelajari sebelum punya baby. soalnya lagi proses pembuatan baby. makasih infonya kak, salam kenal alvindwiputra

    BalasHapus
  21. Wahh menarik juga ya, thank you infonya mbak, akan aku infoin ke ibu2 PKK hehee

    BalasHapus
  22. Buat yang punya anak, tentunya kehadiran website ini membantu banget memantau tumbuh-kembang dan minat anak ya, mbak.

    BalasHapus
  23. aku udah nyobain juga kalkulator AFS ini buat raya.. dan emang hasilnya mendekati banget cocok buat Raya :D cuman abis itu lupa hahahaha, padahal ketika anak beda usia kadang hasilnya juga beda, jadi ntar aku mau nyobain lagi ah keingetan gegara tulisan maya :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.

follow my instagram @mayarumi