Kejutan Pertama dari Google Local Guide

Oktober 24, 2018


otten coffee google local guides

Pada 10 Oktober 2018 lalu, saya mendapat email dari Google Local Guide, di judul email tertulis : Local Guides Perk : Free Otten Coffee Drip Set. Saya pun penasaran, ketika emailnya saya buka, ternyata saya mendapatkan penawaran kopi Otten gratis dan gratis ongkos kirim juga, tidak banyak sih hanya 1 drip set yang berisi 4 sachet, dan walaupun saya bukan pecinta kopi tetap saja saya senang, karena teman kantor saya yang laki-laki semua ini pasti bahagia kalau dapat kopi gratis apalagi yang belum pernah di coba sebelumnya.

otten coffee google local guides

otten coffee google local guides

Tak berlama-lama saya pun segera melakukan redeem untuk mendapatkan Free Otten Coffee Drip Set, ternyata tidak mudah untuk melakukan redeem tersebut, setelah proses register, hampir sejam lamanya saya melakukan redeem selalu saja tidak bisa, sampai tanya-tanya ke cs-nya yang sedang online tapi tetap saja tidak bisa melakukan redeem, akhirnya nyerah deh dan mikir mungkin emang nggak rejeki juga.

Ternyata proses order yang belum selesai tersebut di tindak lanjuti oleh cs dari Otten Coffee, dengan menghubungi saya via telpon dan akhirnya jadi tahu kenapa proses order sebelumnya gagal karena saya sesugguhnya tidak memperhatikan aturan pemesanannya. hahaha.

How to redeem
Click Redeem below
Add one of the drip coffee sets to your shopping cart
Log into the Otten Coffee website (or register a new account)
Choose JNE, J&T, and Pos Indonesia for delivery
Enter your code at checkout
YOUR CODE: KMZ79VLW4JE6
Redeem

Jadi mudahnya adalah mengikuti tata cara order yang tersebut diatas, pertama harus order dengan klik tulisan redeem jadi dengan begitu kita akan diarahkan langsung ke halaman khusus untuk pemesanan dari Google local guide. Terdapat 4 pilihan jenis kopi yang ditawarkan yaitu :
  1. Drif Coffee 10Gr Arabica Sidikalang
  2. Drif Coffee 10Gr Arabica lintong
  3. Drif Coffee 10Gr Arabica Mandheling
  4. Drif Coffee 10Gr Arabica Aceh Gayo
Sesudah memilih kopi mana yang kita inginkan, saya memilih Drif Coffee 10Gr Arabica lintong di lanjutkan dengan proses login (bila sudah terdaftar) atau register terlebih dahulu untuk pengguna baru, lalu memilih pengiriman harus sesuai dengan pilihan yang ada yah, jangan pilih yang tidak sesuai dan terakhir setelah kita memilih jenis pembayaran, jangan lupa memasukkan kode order yang ada di email, agar tidak ada pembayaran yang dibebankan ke kita.

3 hari kemudian, pesanan saya terima dan baru sadar tenyata otten coffee ini dikirim dari medan loh. Ternyata jauh sekali, saya pikir dikirim dari Jakarta makanya free ongkir. Sepertinya otten coffee masih ingin mengundang lagi agar kita dapat menikmati kopi yang lain jadi tak berhenti disitu, bersama dengan kopi yang dikirimkan juga terdapat voucher diskon, belum tahu sih akan saya gunakan atau tidak tapi kalau ada yang mau menggunakan mungkin bisa dipakai lumayan juga diskon yang diberikan sebesar 30%  (max discount 100 ribu rupiah)  untuk pembelian single origin coffee dengan memasukkan kode voucher "SEDUHKOPISENDIRI" pada saat checkout dan kode voucher tersebut berlaku hingga 30 November 2018.

otten coffee google local guides

Tak seperti kopi sachet pada umumnya, ternyata untuk menikmati otten coffee ada cara tersediri yang berbeda. Bila biasanya kopi sachet yang akan kita minum, kopinya langsung kita tuangkan ke dalam gelas kemudian di aduk-aduk, nah otten coffee tidak seperti itu untuk pembuatannya, lebih jelasnya bisa melihat gambar dibawah ini yah.

Bagaimana dengan rasanya ?
Sejujurnya saya tidak meminum kopi ini, bukan hanya otten coffee yah, tapi semua jenis kopi, saya tidak bisa meminumnya, entah mengapa setelah minum kopi saya akan merasa mual dan ingin muntah padahal saya tidak punya sakit maag.

Menurut teman-teman saya yang sudah meminum  otten coffee, kopinya pekat, tidak terlalu asam dan enak, kalau lebih mudah dibelinya (tidak harus beli online) dan harga juga lebih terjangkau ada kemungkinan akan beli lagi. Oiya untuk 4 sachet kopi itu harganya 45 ribu rupiah, lumayan mahal yah untuk kopi sachet, tapi kan ada rasa ada harga.


otten coffee google local guides

otten coffee google local guides

otten coffee google local guides

Oiya mungkin ada yang bertanya-tanya apa sih Google Local Guide ? 

Local Guide adalah komunitas global para penjelajah yang menulis ulasan, berbagi foto, menjawab pertanyaan, menambahkan atau mengedit tempat, dan memeriksa fakta di Google Maps. Jutaan orang mengandalkan kontribusi seperti kontribusi Anda untuk menentukan tempat tujuan dan aktivitas yang akan dilakukan.

Sebenarnya saya tidak sengaja sih mendaftar untuk menjadi kontributor pada Google Local Guide, karena kebetulan dari pekerjaan sering berpergian kemana-mana, jadi saya pikir sayang bila tidak sekalian kita bisa memberikan informasi ataupun referensi dari hasil review kita kepada orang lain yang mungkin juga membutuhkan, akhirnya keterusan dan hingga sekarang saya sudah berada di level 7, masih pemula sekali sih sebenarnya.

Level Local Guides

LevelPoinBadge
Level 10 poinTidak ada badge
Level 215 poinTidak ada badge
Level 375 poinTidak ada badge
Level 4250 poin
Level 5500 poin
Level 61.500 poin
Level 75.000 poin
Level 815.000 poin
Level 950.000 poin
Level 10100.000 poin

Point Local Guides

Kontribusi MapsPoin yang didapat
Ulasan10 poin per review
Review dengan lebih dari 200 karakter10 poin bonus per review
Rating1 poin per peringkat
Foto5 poin per foto
Video7 poin per video
Jawaban1 poin per jawaban
Merespons Tanya Jawab3 poin per respons
Edit5 poin per edit
Penambahan tempat15 poin per tempat yang ditambahkan
Pemeriksaan fakta1 poin per fakta yang diperiksa

Local Guide ini bila kita aktif menjadi kontributornya bisa mendapatkan banyak keuntungan, Keaktifan Local Guide dapat di lihat dari level kontributor yang kita miliki, semakin sering kita melakukan sharing, semakin banyak point reward yang kita dapat dan akhirnya semakin tinggi level kontributor kita. Reward yang kita dapatkan pun lebih dari yang saya dapatkan sekarang. Beberapa diantaranya adalah :

1. Early Access produk-produk google terbaru
Tidak hanya produk berupa barang tapi juga update aplikasi terbaru yang ada di google, kita bisa menikmatinya terlebih dahulu.

2. Akses Khusus ke Local Guide Connect
Pada level tertentu kita akan diberikan akses untuk bisa berkumpul dengan Local Guide dari seluruh dunia pada sebuah forum aplikasi yaitu Local Guide Connect.

3. Menghadiri pertemuan tahunan Google Local Guide 
Ini yang paling menggiurkan kita bisa bertemu langsung dengan seluruh Local Guide pada event Local Guides Summit. Namun tidak mudah untuk bisa menghadiri event tahunan ini, ada banyak persyaratan yang harus di penuhi, diantaranya adalah : kontributor level 10, membuat video 1 menit tentang profil diri dan ada juga pertimbangan lain dari google (aktif di komunitas local guides connect menjadi moderator, menggelar meet up dan sebagainya).

Nah kalau kamu ibu-ibu yang demen banget foto-foto makanan atau minuman sebelum makan, sering pergi kemana-mana, bukan hanya traveling kemana-mana juga yah, jalan-jalan ke mall dan suka ngopi-ngopi juga bisa kok jadi salah satu kontributor Google Local Guide. Kalau saya sih kadang masih suka malas ambil foto-foto atau videonya, hihihi.

Sejujurnya buat saya Google Local Guide ini sangat membantu karena kita tidak hanya bisa sharing, dengan melakukan review berbagai tempat namun juga dapat memberikan bantuan berupa jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang diberikan orang lain pada suatu tempat yang telah kita datangi dan telah kita review. Jadi walaupun tidak lagi berkontribusi dengan review tempat baru kita tetap dapat berkontribusi dengan cara lain.

Hayo ada yang suka jalan dan ingin review lalu dapat banyak keuntungan, yuk ikutan juga jadi Google Local Guide, atau kamu sudah jadi Local Guide dan punya cerita seru juga, sharing yah...




loph,
Maya Rumi 

You Might Also Like

23 comments

  1. Wah, sama-sama GLG, tapi saia tidak dapat.. T_T

    BalasHapus
  2. levelnya sama gak mas anggara ? aq juga gak tahu pasti sih s&k bisa dapat ini dari GLG

    BalasHapus
  3. Wah, baru tahu ada reward Google Local Guide padahal iseng isi review tempat yang didatangi kan, mbak? Saya pernah beberapa kali kasih review tapi ya ngga serajin mbak Maya, hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aq juga tahunya setelah baca blog orang mbak kalau GLG itu ada reward dan sampai yang ada pertemuan tahunannya juga.. hihihi

      Hapus
  4. Waah keren may, aku baru level 6 karena males2an hahahhaa kalau ada hadiah pun suka males redeem kadang kelewatan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aq kemarin juga udah malees mbak sandra, tapi di telpon dong dari otten coffee jadi dilanjutin lagi dh ordernya

      Hapus
  5. Eh baru tahu kalau google local guide bisa dapat reward, aku kurang tahju aku sampai level berapa, kalau nggaks alag level 6. wahhh harus sering sering review nih, biar dapat hadiah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, hrs rajin review biar makin banyak hadiahnya, hihihi

      Hapus
  6. Teruslah aktif me-review mba
    Siapa tahu bisa cuss ke San Francisco dan ikutan summit mereka.
    Kindly visit my blog bukanbocahbiasa(dot)com untuk baca gimana cARa-nya ikutan summit Google di AMrik yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuah siap kak nurul, thanks infonya, main akh ke blognya

      Hapus
  7. aku cukup rajin nih isi google local guide, seru karena bisa berbagi beberapa tempat yang aku datangi. malah kadang bisa jadi sumber informasi buat yang lain.

    BalasHapus
  8. Wah seru banget yah ternyata program Google Local Guide ini. Baru tau banyak manfaatnya begini setelah baca tulisan dirimu, Mba. Kereeen!

    BalasHapus
  9. Wah ternyata ya ada juga nih tolak ukurnya ya salut deh buat teman teman yang rajin banget buat review2 ya. Terindeks akhirnya.

    BalasHapus
  10. Saya rasanya udh lama banget ga update dpt gift dari local guide, sempet denger soal kopi ini, oh ternyata dari google

    BalasHapus
  11. Wah seru juga ya ikutan google local guides. Aku belum pernah sih mbak tapi kayaknya bakal tertarik buat cobain

    BalasHapus
  12. Keren banget kakak, aku sih males banget jadi baru level 5 di GLG.

    BalasHapus
  13. Aku sudah lama ga posting di Local guide nih, waktu itu dapet voucher nginep, ternyata seru juga ya

    BalasHapus
  14. Wah enak banget ini ya mbak, stok kopi dirumah aman ya. Selain itu juga sudah memberikan manfaat juga dengan sharing di Local Guide.

    BalasHapus
  15. Ya ampunnn lucu banget sampe dikirimin kopi.
    Makin semangat deh buat kirim-kirim foto ke gugel. :D

    BalasHapus
  16. Waaw, aku masih bolong-bolong nih niatan ngereview di Google. Ternyata seru juga ya!

    BalasHapus
  17. Aku baru dapet email dari local guide tuh.. dapet diskon 50rb buat nginep di airy room.. lumayannnnn

    BalasHapus
  18. Wah dapet reward juga tooo

    BalasHapus
  19. Beda beda yaaaaa dapat rewardnya sesuai ama levelnya kali ya.. Aku baru dapat voucher potongan menginap niy

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik