Zaidan : 4 Tahun

Agustus 09, 2018

Dear kesayangan bunda,

Ini cerita-cerita zaidan di usia 4 tahun, lanjutan cerita tahun lalu... Maaf ceritanya terlambat sekali karena harusnya di bulan juni yah ceritanya tapi bunda bingung mo mulai cerita darimana, sekarang terlalu banyak cerita tentang zaidan...



Tahun 2018 ini zaidan mulai masuk sekolah TK A tepatnya bulan Juli lalu, sama seperti bunda-bunda lainnya, bunda pun semangat sekali, nggak mau ketinggalan untuk antar anak sekolah di hari pertamanya. Seminggu sebelumnya sudah persiapan untuk mengecilkan kemeja sekolah, belanja tas, tempat minum dan sepatu, untuk alat tulis disiapkan dari sekolah jadi nggak ada beli.

Drama pertama disekolah zaidan nggak mau ikutan baris dengan teman-temannya, awalanya sih mau baris, tapi mukanya seperti sudah ingin nangis, karena bunda kasihan akhirnya di samperin tapi yang terjadi zaidan malah  beneran nangis. Padahal bunda berharap zaidan seneng ketemu banyak temen baru, tapi ternyata nggak, setelah nangis zaidan pun ngumpet di belakang badan bunda.

Akhirnya dengan berat hati bunda pun terpaksa ikutan nemenin baris, selanjutnya nemenin duduk di aula kecil sekolah untuk perkenalan. Untung zaidan masih mau ikutan memperkenalkan diri kepada teman-teman dan juga ibu guru. Ibu hepi nama guru kelas zaidan dan mengikuti sarannya bunda pun meninggalkan zaidan ketika masuk kelas. 

... dan zaidan anteng di kelas tanpa bundanya.



Cerita dari sekolah lainnya adalah, zaidan punya seragam warna putih, kemeja dan celananya, ini bunda keki banget sama sekolahnya dan bertanya-tanya karena bingung anak tk kok punya seragam warna putih sih... baru pakai baju seragam dan langsung ketumpahan susu coklat *istigfar terus bunda lupa membekali zaidan dengan sarapan buah pisang yang meninggalkan noda getah yang kemudian jadi hitam di celana *nangis

Namun, terima kasih yang sangat tak terhingga dari bunda kepada vanish, karena noda-noda tersebut seketika hilang, seragam kembali putih bersih *ini bukan sponsored post

okeh cukup sekian cerita sekolahnya yah...

Setelah mulai sekolah ini, ayah dan bunda memutuskan untuk tak melanjutkan menitipkan zaidan di daycare lagi, karena ada ante opi yang bersedia mengaja zaidan setelah pulang sekolah sampe ayah dan bunda pulang kerja.



Resminya zaidan berhenti dari daycare dari awal bulan juni dengan pertimbangan biaya daycare yang diluar dugaan, jadi masuk daycare hanya 1 minggu namun harus bayar full, lalu libur seminggu karena hari raya idul fitri dan setelahnya masih ada 10 hari dibulan juni kan, bila ingin ke daycare perhari dikenakan pembayaran hari libur perhari 100 ribu. Belum lagi karena selama ramadhan jam pulang daycare lebih awal lagi pulangnya yaitu jam 4 sore. Ayah bundanya nyerah.

Sudah ada menemukan sih daycare lain yang biayanya lebih masuk hitungan ayah bundanya, tempatnya juga ok, pokoknya sesuailah dengan kriteria yang saya inginkan, namun karena ada tawaran dari adik juga, jadilah zaidan nggak lagi kembali ke daycare.

Diusia 4 tahun ini zaidan mulai susah makan, jadi berat badannya kurang dan kalau sakit berat badannya cepat sekali turun jadi kamu kelihatan kurus banget. Makanan favorit masih bakso, sosis, ikan termasuk ikan asin, buah dan sayuran juga suka, tapi kadang-kadang juga nggak mau dan yang paling favorit adalah ice cream sama seperti bunda dan coklat sama seperti ayah.

Ayah dan bunda membolehkan zaidan makan coklat dan es krim kapan saja, tapi... harus sikat gigi sebelum bobo dan karena rajin sikat gigi, gigi zaidan alhamdullilah nggak ada yang rusak karena karies ataupun lainnya.

Zaidan makin menggemaskan, sudah tambah banyak kosakatanya, bahkan kadang ayah dan bunda sering terkejut kok kamu bisa ngomong seperti itu, karena sepertinya ayah dan bunda belum pernah mengajarkan ataupun mengenalkan kata-kata tersebut. Belum lagi kamu sudah bisa menolak sesuatu yang kamu nggak suka, bukan hanya menolak mandi, makan ataupun bobo tapi kadang kamu lebih memilih untuk main dengan teman daripada ikutan pergi bunda ataupun yang lainnya.

Sudah bisa mengerti dan takut kalau makan kerupuk, ciki ataupun mie kebanyakan akan sakit batuk. Paham kalau sakit itu harus minum obat, istirahat dan nggak main keluar rumah dulu.

Di usia 4 tahun zaidan ini, karena pekerjaan bunda harus sering ninggalin kamu sama ayah untuk keluar kota, sebenarnya zaidan sudah sering bunda tinggal untuk dinas luar kota sejak usia 6 bulan tapi dulu kan zaidan nggak tahu dan nggak ngerti kalau beberapa hari nggak ketemu dengan bunda, sekarang zaidan sudah tahu dan mengerti, jadi bunda khawatir sekali bila zaidan jadi rewel tapi ternyata nggak kejadian, malahan zaidan juga mengantar bunda ke bandara sama ayah dan nggak nangis ditinggal bunda pergi.

Kalau dulu zaidan suka sekali dengan gajah, sekarang zaidan sukanya dengan kucing dan dino, zaidan bahkan lebih hafal jenis dino daripada bunda, tentu saja diajarin sama ayah yang juga beliin kamu beberapa dino. Tiap kali pergi kemana-mana zaidan selalu seneng main sama kucing, dirumah pun kucing-kucing liar jadi pada sering datang, karena sering kamu ajak main dan kasih makan. Walaupun beberapa kali minta dibelikan kucing juga sama ayah, tapi ayah sama bunda belum berani membelikan kucing seperti chiko dan ayah malah berinisiatif mo beliin kamu iguana, karena iguana mirip dino. Yang terjadi kemudian kamu suka pura-pura minta di pegang dagunya terus mengeong seolah-olah kamu jadi kucing.


Yang buat bunda juga jadi bangga sekali dengan zaidan setelah usia 4 tahun adalah, zaidan paling rajin mengingatkan dan mengajak ayah untuk shalat di masjid dekat rumah, semoga kemudian zaidan bisa rajin shalat terus hingga dewasa yah, walau sekarang kalau datang ke masjid hanya untuk main saja dan kadang juga suka bikin ayah repot karena ketika ayah lagi shalat kamu malah minta pipis bahkan pernah beberapa kali minta pup juga. 

Cukuplah yah ceritanya, sampai ketemu tahun depan diusia 5 tahun yah...




cium paling gemes
bunda

You Might Also Like

7 comments

  1. Happy birthday dek Zaidan ^^ semoga menjadi anak berbakti pada orang tua ya.. wah hebat udah sekolah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak asti, amin untuk doAnya

      Hapus
  2. Yeayyy selamat ya Zaidan, semoga gede bisa sukses dan buat bangga mama papa nya... semangatt!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas andrie, amin untuk doanya

      Hapus
  3. Momen anak pertama kali masuk sekolah memang gak akan pernah bisa lupa ya.

    BalasHapus
  4. Selamat empat tahun, Zaidan. Kalau nanti sudah besar terus baca ini pasti baper deh :')

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik