Yuk Main Lego Roket

Juni 26, 2018

lego roket

lego roket


Ada yang tahu kalau benda-benda kecil ini namanya lego roket ? 

Saya baru tahu setelah googling dulu.

hahaha.

Sudah tahu sih mainan ini dari saya kecil, karena memang sudah ada namun dengan kualitas produk yang Kurang mumpuni tapi baru tahu kalau namanya lego roket atau nama lainnya itu lego jadul atau lego kampung.

Sebutannya macam-macam yah, perkiraan saya mungkin karena bentuknya yang seperti roket makanya disebut seperti itu, dan mungkin karena lego masa kini tidak berbentuk seperti itu lagi dengan ukurannya yang lebih besar makanya disebut lego jadul sementara istilah lego kampung sepertinya merujuk pada tempat tinggal pemainnya dan sepertinya lego jenis ini hanya ada di Indonesia deh.cmiiw.

Saya googling-googling nggak menemukan siapa kah yang telah membuat atau memproduksi atau memperkenalkan mainan tersebut untuk pertama kali di Indonesia. Padahal penasaran sekali. Kalau dulu sih perkenalan saya dengan mainan ini yah dari abang tukang mainan yang jualan mangkal di sd saya, kalau sekarang banyaknya di jual di marketplace dan jualnya itu kiloan.

Yang membeli lego roket ini bukan saya tapi ayahnya zaidan, beli sekilo seharga 55 ribu di tokopedia. Sekilo itu mungkin ada sekitar kurang lebih 500 biji (malas ngitunginnya). Saat pertama kali saya lihat ayahnya yang beli lego ini menunjukkan ke zaidan, saya sudah bayangin bakalan capek deh beres-beres ini mainan tiap hari karena ukurannya mini dan jumlahnya banyak sekali sementara zaidan melihatnya dengan mata berbinar-binar bahagia penuh semangat, berbanding terbalik dengan kondisi saya.

Sama halnya dengan anak kecil zaman now lainnya, zaidan juga suka banget kalau main lego. Kadang kalau lagi ke mall hanya untuk beli satu barang dan nggak ada niat buat keliling jalan-jalan dan kalau kebetulan ngajak zaidan, saya harus mikir bagaimana caranya agar tidak melewati toko yang menjual lego dan memperbolehkan anak-anak untuk main disana, walaupun bermain disana tidak dikenakan biaya tapi kalau lagi buru-buru malas saya nungguin zaidan yang senang berlama-lama ditempat tersebut.

lego roket

lego roket

lego roket

Kalau menurut saya mainan ini masuk kategori mainan bongkar pasang karena cara mainnya untuk membentuk suatu pola sesuai dengan imajinasi yah harus di bongkar pasang dan karena kita harus punya imajinasi dalam memainkan lego roket ini maka kreativitas kita pun dituntut untuk dapat membuat sesuatu dari lego roket yang disetiap produknya hanya memiliki dua lubang ini.

Pertama kali main dengan lego roket ini zaidan seharian sampe malem loh nggak mau berhenti, sambil makan, minum susu, berhenti hanya karena saya paksa mandi itupun setelah selesai mandi sambil pakai baju pun tetap main, pokoknya asiek banget dia main sama ayahnya, main sendirian lalu main lagi sama kakeknya sampai akhirnya balik lagi main ditemani sama ayahnya.

Bye...bye... Handphone dan tv

Saya sendiri cuma memperhatikan saja, karena saya tuh nggak suka permainan ini jadi ingat waktu kecil hobinya main boneka kertas. Hehehe. Nah selama memperhatikan zaidan main saya jadi punya catatan tersendiri untuk manfaat mainan yang dapat dimainkan tanpa kenal usia tersebut.

1| Belajar warna 
Buat anak kecil yang belum bisa merangkai lego roket ini,  bisa digunakan oleh ayah bundanya sebagai alat untuk anak belajar mengenal warna atau mengklasifikasi warna karena ada 7 warna berbeda.

2| Belajar Berhitung
Jumlahnya yang tidak sedikit sangat memungkinkan untuk orangtua gunakan sebagai alat belajar berhitung.

3| Mengasah kreativitas dan imajinasi
Dua kata tersebut menurut saya memang tujuan utama produk ini dibuat, Kita bisa leluasa membuat sesuatu dari lego roket ini  sesuai dengan kreativitas dan imajinasi kita. Zaidan pun belajar bentuk-bentuk sederhana dari ayahnya.


lego roket


4| Meningkatkan kemampuan motorik halus
Lego roket ini sangat kecil bentuknya sehingga dapat melatih ketrampilan fisik anak yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata dan tangan.  Seperti yang kita tahu  saraf motorik halus anak dapat dilatih dan dikembangkan melalui kegiatan dan rangsangan rutin seperti bermain lego ini.

5| Meningkatkan bonding untuk anak dengan orang tua
Seperti yang sudah saya kasih tahu diawal, zaidan main dengan mainan ini seharian bahkan sampai malam dengan ayahnya, mereka seru banget main berdua, ketawa-ketawa, sampai ribut-ribut kecil. Senanglah saya melihat mereka berdua bisa akrab memghabiskan waktu bermain tanpa gadget.

lego roket

lego roket

Nah berikut catatan saya yang harus diperhatikan orang tua untuk mainan lego roket :
1| Mainan hanya diberikan untuk anak dengan usia diatas 3 tahun. Berbahaya memberikan mainan lego roket dibawah usia tersebut karena belum mengerti dan bisa termakan oleh mereka.

2| Sediakan wadah khusus untuk menyimpan lego roket, saya memberikan zaidan toples besar agar setelah selesai bermain dapat mudah melakukan penyimpanan dan mainan tidak tercecer.

3| Sebisa mungkin dampingi anak ketika bermain lego roket, agar anak dapat pengarahan yang baik dan bisa belajar sesuatu yang baru.

Tapi yah... yang paling penting kalau memberikan anak mainan lego roket ini stock sabar ditambahin yah bunda karena yang terjadi seperti zaidan malasnya kebangetan untuk beres-beres ini mainan dan yang ada mainan lego roketnya berserakan dimana-mana. Pening kepala melihatnya tambah sakit telapak kaki kalau tidak sengaja menginjaknya.. 

Ada yang main lego roket juga disini ?! Cerita-cerita di kolam komentar yuk bun...





loph,
Maya Rumi

You Might Also Like

64 comments

  1. Waaa, makasih Mbak udah nulis soal ini. Aku mau cariin ah buat mainan Diana. Dia suka banget main lego, jadi pasti juga bakalan suka kalo dibeliin yang macam ini. Belom pernah punya yang kayak gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga diana juga suka main lego roket ;)

      Hapus
  2. aku waktu kecil juga suka banget tipe lego kyk gitu, kalau skrang anakku lego yang besar aja suka ilang kalau yang kecil gini capek nyapunya keknya heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak sekarang lego duplo yah, aq aja kalau anakku main ini xtra sabar buat beres2 paling cepet sih disapuin emang

      Hapus
  3. Ini mirip mainanku waktu SD atau SMP ya.. Btw ternyata banyak ya manfaatnya buat anak

    BalasHapus
  4. Anakku juga main Lego bagus untuk stimulasi perkembangan anak dan jadi lebih cerdas.

    BalasHapus
  5. Padahal aku dulu juga sempat mainan ini loh, gak kepikiran deh ngasih mainan ini dan setelah baca jadi mau nyari lagi ah buat anakku.

    BalasHapus
  6. Mudah-mudahan ketemu mainan lego roket mbak chichie jd bs main sm cah lanangnya

    BalasHapus
  7. Jadi inget, dulu ini mainan waktu kecil. Thank you Mba, jadi nostalgia euy baca tulisan ini. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mainan zaman kecil yang ternyata zaman sekarang pun masih ada

      Hapus
  8. Anakku suka beli lego ini soale murce yesss tapi ya gitu gampang ilangan huhu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mbak ukurannya mini bener, kalo gak rajin2 kumpulin lama-lama gak bersisa, hilang entah kemana

      Hapus
  9. Aku juga baru tau mbak ini namanya lego roket. Jama kecilku juga dulu seneng mainan ini hehehe

    BalasHapus
  10. Baru tau namanya lego roket, dulu sih kalau beli cuma tinggal tunjuk aja ke abang penjualnya 😅

    BalasHapus
  11. Waktu saya kecil juga ngoleksi ini mainan. Seru buat dimainin bongkar pasangnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah emang nih cowo-cowo pada suka yang mainan bongkar pasang gini yah

      Hapus
  12. Bener juga nih, mending beliin mainan Lego roket ya, ini mainan zaman kecilku dulu juga sih, anakku jadi mainan hp terus hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak evrina anaku juga main hp melulu, lumayan ada ini jadi ngurang2in main hpnya sama nonton tv

      Hapus
  13. Mengenalkan anak dgn lego merupakan salah satu cara cerdas utk menghindari anak dari ketergantungan dgn Hp dan TV.

    BalasHapus
  14. jadiinget jaman kecil dulu tapi aku tak pernah berhasil merangkainya xixixi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak, aq pun gak pinter main bongkar pasang gini

      Hapus
  15. harus segera diberesin tuh, kalo nggak keinjek kaki, sakit,, hehehe

    kakve-santi(dot)blogspot.com

    BalasHapus
  16. lego roket ... ini salah satu mainanku waktu kecil dulu loooh

    BalasHapus
  17. Hihi kebayang deh yg namanya berbau lego mamanya kudu nyiapin tenaga dan kontrol emosi dikala si anak mogok beres2. Semangaat! Tapi emang seru sih, aku aja suka hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mir, si anak semangat main tp mls beresin, bundanya capek beresin tp gak apa yg penting ada waktu jauh dr gadget

      Hapus
  18. Menurut Mpo gampang rapiin Lego roket. Cukup di sapu aja atau di serok pakai sesuatu daripada ambil satu satu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iy Bener tuh mpo, sekali sapu atau serok beres deh,, kecuali legonya berpencar nah ini pe-er deh

      Hapus
  19. Wah kalo bertebaran serumah trus keinjak-injak, pening juga ya kepala mamak :)) Eh tapi lumayan ya mbak Maya, murah meriah mengasah kreativitas. Nanti kalo anakku gedean mau coba cari di tokped juga aaah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak tia, apalagi kalo pulang kerja nemunya duh langsung sapuin aja deh beresnya cepet.. hehehe

      Hapus
  20. ini menarik banget!! Raya bakalan suka nih mainan kayak gini, wah TFS May... Tapi ya itu bener banget stok sabar harus ditambah lagi karena pasti bakalan bercecer kemana2 dan males beresin kalau abis mainin ginian huhuhuhu, kreatif itu melelahkan hati mamak jenderal XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... bener banget mbak, tapi kalau aq sih zaidan ada masanya lagi demen main ini, main ini terus nanti ganti main lego yang lain jenisnya, yang lebih mudah di beresinnnya, tp drpd anak main hp sm nonton tv mulu, gak apa deh beres2 kalo kesel2 yah sapu aja masukin kolong... hahaha

      Hapus
  21. ini mah mainan aku waktu kecil. sekarang nyari di mana sih lego model begini?

    BalasHapus
  22. Haidar duka banget nih beli mainan kayak gini tapi baru beberapa jam sudah ilang-ilangan jadi belum sempet di mainin

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo anaknya yang cuek mainannya cepet ilang sih mending mbak sadewi, tapi kalo anaknya yang kalo mainannya ilang terus minta cariin lagi sama bundanya duh bikin puyeng,,, hihihi

      Hapus
  23. mainan jaman kecil... hihihi nanti kalau Al udah gedean mau beliin ah.. biar sibuk terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. mainan kecil mbak uchy bisa juga jadi mainan kecil al yah..

      Hapus
  24. Anak dan Lego buat aku nggak bisa dipisahkan nih dulu ya pas anakku kecil. Nggak tahu anak zaman sekarang tergantung ibunya mengenalkan atau tidak di zaman gadget holic gini. Banyak banget kok manfaatnya. Dan ini variasi yang akan makin menarik minat anak melatih imanjinasinya . Great!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak gita aq setuju, anak kecil zaman sekarang better dikenalin dengan lego daripada dengan gadget... thanks mbak gita

      Hapus
  25. Anak saya sering beli nih,, karena kecil banyak juga yang hilang atau tercecer. Lumayan buat anak dan ibunya sibuk kalau sudah bermain lego roket ini ya bunsay.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bun harus rajin2 ngumpulin biar gak pada hilang semua, hihihi

      Hapus
  26. Oalaaahhh namanya lego roket. Ada nih di rumah. Entah beli dimana si kecil atau papanya yang beliin. Aku malah baru tau ada mainan ini karena kayaknya dulu enggak mainan ini. Di toped ada yang beli dalam jumlah banyak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aq juga gak mainini mbak waktu kecil tapi tahu ada lego roket, cuma baru tahu sekarang kalau namanya lego roket, hihihi

      Hapus
  27. Lego roket ini suka aku beli pas kecil, sekarang anak yang suka

    BalasHapus
  28. Wah aku baru tau ada lego jenis roket gini. Keren juga ya.

    BalasHapus
  29. waaa anakku juga suka banget main ini... tp udah lupa lagi dianya. makasih yaa artikelnya, jadi inget buat mainin lagiii :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuah aq juga seneng mbak bisa ngingetin... thanks mbak zata sudah mampir

      Hapus
  30. lego for lyfe, bagus banget buat kembang anak.. yang gede kek aku aja suka :D

    BalasHapus
  31. Aku baru tahu ini namanya lego roket hehe..

    BalasHapus
  32. Oh aku baru tau kalo ini namanya lego roket hahahaha ... Dulu asal main aja sih.
    Tp emang bener sih, drpd main hape, mending bisa dicoba dengan ini ya, mengasah kreativitas juga :)

    BalasHapus
  33. Lego mainan edukatif kesukaan anak anaku, cuma harganya cukup tinggi juga hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut aq malah murah, 50 ribu dapat 500 pcs..

      Hapus
  34. Jaman kecil dulu aku suka mainan ini. Bikin kita kreatif dan berfikir ya. Bagus buat perkembangan otak anak nih.

    BalasHapus
  35. Sejak kecil sudah pernah ngeliat benda kecil ini, ngga tahu namanya apa. Ternyata, ini semacam lego ya? Hahaha, maklum sodara cewek semua dan ngga pernah tahu ini mainan apaan.

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik