Maya Rumi

"todays little moments become tommorows precious memories"

Staycation : GH Universal Hotel Bandung

Bulan April lalu tanggal 28 -29 saya dan keluarga ke Bandung, untuk ikutan Family Day sebagai acara tahunan dengan teman-teman kantor se-departemen yang disponsori secara pribadi oleh pak bos.

Tahun ini sebenarnya mengulang kota tujuan dua tahun lalu, pembedanya adalah hotel tempat kita menginap dan tujuan wisata lokalnya. Untuk kali ini saya dan teman-teman juga pak bos tentunya sepakat memilih untuk menginap di GH Universal Hotel. Sebuah hotel bintang 5 dengan arsitektur bergaya eropa yang cantik sekali, berada di daerah Setiabudi kota Bandung.

Saya kebagian tugas untuk booking room disini dan ternyata bisa menginap di hotel ini dengan grup susahnya minta ampun karena selalu full booking, padahal saya langsung melakukan booking ke salesnya sekitar dua bulan sebelum kedatangan baru deh bisa dapat 14 kamar yang diinginkan. Jadi begitu berhasil booking kamar untuk 30 orang, saya pun langsung diminta oleh salesnya melunasi pembayaran dengan deadline satu minggu saja, walaupun kedatangan kami masih lama lagi.

Saat datang kemarin, kami baru check in hotel sekitar jam 4 sore, setelah sebelumnya bermain-main di Dusun Bambu Eco Family Park, cerita lengkapnya tentang tempat wisata ini nyusul yah. Saya kasih spoiler dulu nih.. liat kelinci yang gemesnya kebangetan...

rabbit wonderland

Untuk menuju ke hotel ini harus benar-benar diperhatikan karena letak pintu masuk hotel ini dipinggir jalan namun kurang terlihat karena hotelnya masih masuk ke dalam lagi, jadi kalau kita datang dari atas (lembang) hotel ini letaknya ada di kiri jalan disebelah Puri Residence Setiabudi sementara kalau dari bawah letaknya ada di kanan jalan, patokannya adalah setelah hotel Mercure Setiabudi ada tikungan sekitar 5 meter setelahnya, perhatikan plang informasinya sebelum tikungan itu.

Begitu masuk hotel kita disambut ramah oleh petugas bell boy yang sigap mengangkat koper bawaan dari dalam bagasi mobil dan dibawa ke reception, proses check in hanya sesaat saja jadi bila tidak tergesa-gesa ingin masuk kamar bisa nikmatin welcome drink dan jangan lupa ambil juga aneka coklat yang tersedia gratis untuk tamu di meja reception lalu bisa nikmatin  makanan dan  minuman tersebut sambil leyeh-leyeh di sofa-sofa besar berwarna marun.

Hotel ini hanya ada 5 lantai dengan 105 kamar yang terbagi menjadi 53 kamar type superior, 46 kamar type deluxe dan 6 kamar type suite, untuk setiap suite rooms memiliki tema yang berbeda-beda mulai dari honeymoon suite hingga presidential suite.

Hari itu karena semua kamar hotel dibooking atas nama saya dan jumlahnya yang tidak sedikit, saya dapat upgrade type kamar dari superior ke deluxe king dan sebelum saya menyetujui untuk ambil kamar tersebut, petugas check in sudah konfirmasi di kamar tidak ada pemandangan keluar dan tidak ada balkon, karena penasaran akhirnya saya putuskan untuk ambil kamar tersebut.

Ternyata kamarnya luas sekali dan walau tidak ada balkon tapi ada teras yang bisa difungsikan sebagai smoking area, dan tetap ada pemandangan lapangan dengan rumput hijau seperti lapangan sepak bola walau tidak terlalu menarik. Disetiap kamar diberikan complimentary product tidak hanya teh dan kopi juga gula tapi ada beberapa snack, 1 kaleng minuman soda dan 1 kaleng minuman susu yang disediakan untuk para tamu di dalam lemari es kecil. Didalam kamar tersedia juga, lemari pakaian ukuran besar dengan gantungan pakaian, sandal hotel 2 pasang, safety box, hair dryer dan laundry bag.

Complimentary Product GH Universal Hotel

GH Universal Hotel

Sejak masuk zaidan sudah melihat kolam renang besar yang berada di tengah-tengah bangunan jadi sampai kamar langsung minta ganti pakaian renang dan kita berdua segera turun lagi untuk menemani zaidan memuaskan keinginannya berendam di kolam renang sementara ayah karena lelah menempuh perjalanan dari Tangerang menuju Bandung selama kurang lebih 6 jam memilih untuk bobo sore.

Saya nggak mengira loh akan selama itu perjalananya, terakhir kali ke Bandung 2 tahun lalu jadi saya pikir paling 3 jam lah sampai karena kita berangkat dari rumah itu jam 4 pagi jadi saya sudah rencana tuh dengan browsing-browing mencari tempat sarapan enak dan yang lagi hits di Bandung untuk kita datangi eh ternyata jam 7 pagi kita baru sampai di rest area tol Cikarang.

Sebenarnya dari rumah sampai Bekasi itu lancar banget nggak ada macet sama sekali, paling agak tersendat jalannya karena jam segitu di jalanan masih banyak truk dan mobil besar lainnya yang menggunakan jalan tol, namun setelah bekasi mau masuk daerah cikarang ya ampun jalan tol kok yah bolong-bolong, parah lah jalannya ditambah ada kecelakaan juga jadi benar-benar lama disana deh.

GH Universal Hotel

Kembali ke kolam renang, bersebrangan dengan bangunan yang terdiri dari kamar-kamar terdapat bangunan untuk ruang spa dan ruang fitness. Saya tidak sempat mampir kesana, hanya melihat dari kejauhan saja sih.

Spa & Fitness Center GH Universal

Zaidan yang semangat sekali segera menyeburkan diri di kolam dangkal untuk anak-anak eh anaknya nggak langsung basahin badan cuma jalan-jalan kesana kemari untuk mungutin bola warna warni yang ada di kolam, ternyata air di kolammnya sedingin air di kulkas. Akhirnya 10 menit kemudian zaidan nggak kuat terus saya bawa ke pinggir kolam dan pakaikan handuk lalu saya peluk, sambil kita memperhatikan orang-orang yang masih berenang.

Zaidan rupanya masih penasaran, begitu badannya sudah tidak menggigil lagi dia pingin masuk lagi ke dalam kolam, saya bolehkan kan saja dan kali ini cuma bertahan 5 menit dan langsung minta udahan karena udah menggigil lagi dan kita pun balik ke kamar.

GH Universal Hotel

Ketika akan menuju kamar yang ada di lantai 2, kita menemukan ruang tempat bermain anak dekat tangga tapi sayangnya sudah tutup. Padahal saya sempat melihat informasi yang memberitahukan bila tempat bermain itu buka jam 10 pagi dan tutup jam 8 malam, mungkin waktunya flexible kali yah jadi begitu sepi nggak ada yang main ruang tempat bermainnya di kunci deh. Jadi kalau anak-anak ingin main ditempat tersebut bisa menghubungi ke reception.

Saat kita akan masuk kamar, ayah yang lagi terlelap di dalam nggak bangun-bangun dan saya baru sadar di depan pintu kamar nggak ada belnya jadi kita ketok-ketok terus pintunya dan tetep saja si ayah yang sudah sangat lelah nggak bangun juga, untungnya sedang ada petugas hotel yang lagi keliling jadi kami minta tolong deh untuk di bukakan pintu menggunakan kunci yang dia miliki, karena sungguh sangat malas balik ke reception di lobby, lumayan jauh dari kamar kita yang ada di ujung bangunan.

Berhasil masuk kamar ada drama lain, zaidan pas kemarin pergi itu memang sedang kurang sehat karena batuk dan pilek, hidungnya dia ingusan yang meler banget di tambah zaidan paling susah kalau di suruh mandi tapi kan dari kolam renang nggak mungkin nggak mandi, jadi saya paksa mandi eh di kamar mandi hanya ada air dari pancuran bukan shower jadinya agak susah mandiin zaidan karena dia nggak mau bergerak ke bawah pancuran air itu. Plusnya perlengkapan mandi yang disediakan lengkap banget tidak hanya pasta dan sikat gigi dan sabun serta shampo juga, tapi ada mouthwash, saving kit, nail kit dan handbody juga.

Malamnya kita keluar dari GH Universal Hotel untuk menuju restoran yang sudah direservasi letaknya tidak jauh dari lokasi hotel yaitu Alas Daun Resto. Untuk restonya ini yang di daerah Setiabudi saya tidak rekomendasi karena tidak sesuai ekspetasi, lebih baik kalau mau makan di Alas Daun itu yang ada di Jalan Citarum daerah Cihapit.

Alas Daun Resto, Setiabudi Bandung

Perut kenyang hati senang karena dapat doorprize kipas angin, ditambah sudah lelah seharian dengan perjalanan dan main-main di dusun bambu juga, setelah kembali dari makan malam ke hotel sekitar jam 9an, kita pun langsung masuk kamar dan terlelap sampai pagi.

GH Universal Hotel

Pagi hari sekitar jam 7an kita bertiga naik ke lantai 5 untuk menikmati sarapan di rooftop, baru kali ini saya merasakan sarapan di rooftop hotel dan ternyata viewnya bagus sekali dari atas cocok memang buat nikmatin sarapan dan alam sekaligus. Awalnya saya kira sarapan itu diadakan dilantai 1, karena tidak jauh dari kolam renang dan lobby hotel ada ruangan besar dengan meja dan kursi serta didekorasi dan berperabot seperti ruangan makan. Namun sepertinya ruangan itu di sewakan untuk event.

Saya tidak ada dokumentasi untuk makanannya, pokoknya lengkap dan banyak banget pilihannya buat orang dewasa maupun anak-anak kecil, puas dan kenyang deh sarapan disini... yang mencuri perhatian saya banget itu di egg station ada telor mata sapi yang buat mata saya melotot karena melihat bentuknya yang benar-benar seperti mata sapi dan saya jarang banget nemuin telor seperti ini biasanya paling omlet, ceplok atau dadar.

Usai sarapan saya sekeluarga langsung turun ke kolam renang, kali ini zaidan berenang sama ayahnya hingga sejam lebih. Di kolam renang ternyata di sediakan floatis yang lucu-lucu banget bentuknya untuk bisa digunakan tamu hotel dan kalau kita bawa floatis sendiri atau bawa pelampung bisa juga minta tolong di pompakan sama petugasnya yang sudah stand by di pinggir kolam.

GH Universal Hotel

Sayangnya kolam renang anak kurang bersih ada daun kering atau ranting kecil di dalam airnya dan menurut saya sayang banget kolam renangnya sepi pengunjung karena selain airnya yang dingin, kursi-kursi yang ada di pinggir kolam nggak bikin betah tamu padahal area kolam renang ini luas loh, harusnya bisa ada kursi-kursi pantai buat tiduran sambil berjemur atau bean bag buat yang nggak renang tapi bisa santai dipinggir kolam.

Selesai renang, zaidan dimandikan sama ayahnya terus mereka lelah jadinya mereka tidur lagi sampai waktu check out jam 12 siang. Sementara itu saya explor hotel dengan foto-foto bareng temen kantor. By the way ketika kedatangan saya diminta tanda tangan surat perjanjian yang salah satu point yang menjadi perhatian adalah dilarang menggunakan kamera slr atau kamera dengan lensa tele. Saya baru sadar yah dengan hal tersebut karena hotelnya memang cantik sekali untuk foto-foto.

Untuk yang ingin foto-foto disini tapi nggak ada dana buat menginap di kamar hotelnya yang punya rate termurah yaitu kamar superior seharga 900 ribu per malam untuk weekend, bisa datang untuk makan siang atau makan malam di Belle Vue Bistro yang ada di rooftop. Jadi resto ini baru buka jam 11 siang setelah waktu sarapan tamu hotel selesai, infonya sih untuk makan dan minum disini dikenakan charge minimum 150 ribu per orang.

Disebelah kiri Belle Vue Resto ini ada Chapel The Angels yang biasanya disewakan untuk tempat pernikahan dan dapat menampung sebanyak 75 orang tamu, sementara disebelah kanan ada Castello, sebuah istana kecil yang bisa digunakan untuk anak-anak bermain, namun harus dengan pengawasan orang tua bila membawa anak usia balita,  karena keseluruhan bangunan terbuat dari batu yang buat saya pribadi nggak mengizinkan zaidan untuk main disini.  Di depan Castello,  ada juga Ballroom besar yang dapat difungsikan sebagai tempat meeting, pameran atau juga gathering.

Overall, untuk orang tua yang datang kesini untuk staycation dengan keluarga dan membawa anak kecil kurang menarik tempatnya dan tidak ada program yang diberikan untuk anak-anak, lebih cocok bila membawa anak remaja, atau untuk honeymoon atau kedatangan ke hotel ini untuk urusan bisnis. Namun tetap sih bila ada rejeki masih ingin bisa datang lagi ke hotel ini karena service-nya bagus, wifi kenceng dan breakfastnya mantap.

Jl. Setiabudhi No. 367 Bandung
Reservasi via WA Chat
Nilam : 0899 2221 888

loph,
Maya Rumi

Komentar

1. Aku pernah nginep disini & hotelnya istagramable aneet hihihihi, cuman waktu itu ngga sempet liat playground anaknya, karena dateng malem nyusul Abah yg lagi ada acara, trus pagi2 cuman sempet berenang :D

Balasan
    1. playground sepertinya cuma dilantai 2 mbak sandra, tapi lumayan lah yah udah nyobain renang di kolamnya.. hihihi

Hapus
  2. Ya ampun ini hotel yang hits banget di IG ya mbak, teman2ku sering bgt post foto di sana. Tempatnya bagus banget ya mbak, aku pengen eksplore hotel itu.

Meta,
    www.ursula-meta.com

1. iya mbak meta, salah satu hotel must to come

Hapus
  3. GH Universal nih emang juaraa, baru semalam bukber di sana. Aku paling sering mojok di Belle Vue, ngopi cantik memandang view City Light Bandung. Seruu yaaa staycationnya, moga balik lagi dan kita kopdar disini...

Balasan
    1. iya amin mbak hanie seru kopdar disini yah, aq malah blm ngerasain tuh malam-malam di belle vue

Hapus
  4. Wah hotelnya menggiurkan sekali untuk StayVacation. Liburan jadi menyenangkan sekali dong. Kapan ya ke Bandung lagi... 😁

Balasan
    1. ayo mbak margareth liburan lagi ke bandung dan nginep disini...

Hapus
  5. Gaya eropa bangunan sangat mempesona dengan warna abu abu jadi tambah menarik, kesannya bangunan tua

Balasan
    1. iya mpo aq juga suka dengan warna abu-abunya terlihat seperti bangunan tua tapi classy yah..

Hapus
  6. Baca tulisan dan melihat foto-fotonya berasa lagi ada di suatu istana kerajaan deh mbak, hehe.. Bagus banget interior hotelnya

BalasHapus
  7. Sumpah aku suka banget Hotel ini. Ke sini juga waktu itu cuma niat buat foto-foto sama experience aja. Habis kepo kaya di eropa haha. Tapi fasilitas okay punya sih. Apalagi kalau dapat sheet diner di luar. Luar biasa cantiknya

Balasan
    1. aq gak sempet ngerasain tuh ketika malam hari berada di restonya..

Hapus
  8. Bos nya baek bener mba... semoga rejeki si bos makin lancar deh. Amin. Aku suka sama GH universal hotel ini ko mirip oxford ya bangunannya, classy and so european

Balasan
    1. Iya mbak asty, alhamdullilah.. Makasih juga mbak doanya...
      iya bener mbak banggunannya classy, khas bangunan eropa...

Hapus
  9. Waaa, setiap sudut GH Universal Instagramable banget, mbak. Udah lama tahu hotel ini, cuma belum ada kesempatan buat nginep. Lebih enak kalau pakai kendaraan pribadi ya, mbak.

Balasan
    1. kalo gak bisa nginep cobain lunch atau dinner aja mbak disni, ttp bisa explor hotelnya..

Hapus
  10. Udah lama dengar tentang hotel ini, mewah dan berkelas ya..yg saya tau pernah di pakai beberapa syuting

Balasan
    1. iya mbak, wuah aq malah baru tahu kl hotelnya pernah dipakai untuk syuting jg

Hapus
  11. mba, kerja dimana? royal bet atasannya. mauuu. hehe. mahal gak sih mba ini? kan hits banget. :D

BalasHapus
  12. Iya mbak alhamdullilah punya bos yg gak cm kasih kerjaan wuah banyaknya tp liburan jg wuah rasanya... Hehehe
    900 ribu per mlm yg paling murah mbak

13. kece banget ya hotelnya, jadi pengen nginep di situ :)

14. Hotelnya keren warbiyasaaaakk
    Aku pertama lihat dari blognya Fifi Alvianto dan langsung kabita
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

BalasHapus
  15. aku baca tulisan ini kok jadi pengen liburan ke hotel ini yah, boleh lah yah libur lebaran nanti aku nginep disini bersama keluarga kecil aku

16. Hotelnya artistik sekali ya mbak..nuansa eropanya berasa banget. Foto2 disana jadi terpuaskan ya.

17. Ini hotel pernah pakai shooting filmnya Tora Sudiro, emang gaya klasik dan keunikannya khas

BalasHapus
  18. Keren nih interior dan eksteriornya mbak,,, boleh nih staycation juga disitu... hehe

19. Hotelnya bagus dan kesannya mewah.

20. ya allah mupeng-mupeng... mau kesanaaa

BalasHapus
  21. pengen nginep di sini euy. View dan desain hotelnya megah. SUka. Hiks kapan ya bisa ke sini. ..

22. aih hotel yang ini, interiornya a la Eropa gitu yaa. Dan aku suka ada playgroundnya.