Pasar Asemka, Surga Mainanan Anak Murah Meriah

Juni 25, 2018

mainan helicopter, pasar asemka jakarta


Lebaran sudah lewat seminggu, tapi baru sempat update blog posting lagi... Mager banget padahal niatnya selama libur lebaran kemarin mau produktif dirumah untuk nulis, karena banyak sekali materinya tapi sampai sekarang malasnya buat nulis tak hilang-hilang. Malah foto-foto pendukung yang sudah terkumpul hilang entah kemana, sepertiny sih tidak sengaja terhapus dan saya nggak sadar, seperti untuk postingan kali ini. jadi mohon maaf kalau gambarnya ala kadarnya, yang bagus raib tak berbekas.

Jadi... Masih bolehlah yah mengucapkan Selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir bathin dan semoga segala amal ibadah kita di bulan ramadhan diterima oleh Allah SWT. aamiin.

Langsung cerita aja yah, 3 hari setelah lebaran yaitu hari rabu tanggal 20 Juni 2018 saya sudah mulai masuk kantor lagi, antara males dan senang sebenarnya. Males karena yah masih berasa kurang liburannya dan sampai kantor pun ternyata masih sepi, karena banyak yang ambil cuti tambahan, buat yang mudik jauh sih tanggung yah ngantor hari rabu sekalian aja perpanjang cuti biar sebanding sama harga tiket kan beli tiket mudik juga nggak murah, tapi senang banget karena masih suasana mudik lebaran jalanan ibukota masih kosong jadi perjalanan dari rumah kekantor hanya butuh waktu setengah jam saja.

mainan robot, pasar asemka jakarta

skateboard anak, pasar asemka jakarta


Di departemen saya cuma 3 orang yang masuk hari itu dan kita bertiga merasa garing banget dari pagi, karena biasanya nggak pernah sepi. Akhirnya saat jam makan siang kita mutusin buat pergi makan agak jauh yaitu ke kota tua dengan naik commuterline dari stasiun gondangdia yang hanya butuh waktu 15 menit sudah tiba ditujuan.

Saya pikir kereta akan kosong, ternyata ramai sekali walau tidak penuh sampai berdesakan. Ramainya kereta hari itu sama orang tua dan anak-anak terus jadi ingat selain masih libur lebaran juga masih libur anak sekolah. 

Saat turun dari kereta dan akan menuju kota tua untuk mencari tempat makan siang, beberapa kali nemuin orang tua atau anak-anak yang membawa plastik hitam besar yang menyumbulkan mainan, gara-gara itu jadi kepingin ke pasar asemka. Untungnya kedua teman saya setuju dengan ajakan tersebut dan kita gagal cari makan di kota tua akhirnya malah makan di salah satu resto fast food di stasiun kota.

botol minum, pasar asemka jakarta

aksesoris rambut, pasar asemka jakarta

salah satu toko, pasar asemka jakarta


Pasar Asemka berada tepat di bawah Jalan layang, terkenal sebagai pasar grosir. Para pedagang ada yang berjualan di toko-toko di dalam gedung yang terpisah di beberapa tempat namun berdekatan, yang tidak kalah banyak adalah para pedagang yang membuka lapaknya di pinggir jalan raya. Nah kebetulan saat kemarin saya kesana, saya hanya berkeliling di pinggir jalan raya saja.

Di pasar ini jualannya macam-macam, mulai dari perlengkapan sekolah berupa buku tulis, alat tulis, tas, tempat makan, tempat minum selain itu ada juga pedagang perhiasan dan jam tangan imitasi, aksesoris untuk rambut dan hijab, kebutuhan pesta ulang tahun mulai dari dekorasi, undangan sampai dengan paket goodie bag, bahkan pedagang sovenir pernikahan pun bisa kita temui disini dan yang paling banyak adalah pedagang mainan anak.

Mainan anak aneka rupa ada disini, mulai dari boneka untuk anak perempuan hingga robot untuk anak laki-laki, mainan yang mahal seperti mobil-mobilan berbahan bakar bensin hingga berbagai jenis mainan edukatif juga tersedia disini. Yang penting sih kita nggak gampang nyerah aja untuk mencari barang yang ingin kita beli, info sekali lagi karena toko-tokonya tidak berada dalam satu gedung, namun ada di beberapa gedung yang berbeda.

Berikut beberapa tips berbelanja di Pasar Asemka : 

1| Kenakan pakaian dengan bahan yang menyerap keringat karena toko banyak yang dipinggir jalan raya dan yang di dalam gedung tidak menggunakan ac jadi tempatnya panas.

2| Pakai sepatu atau sandal yang nyaman, karena toko tidak berada disatu tempat, kita harus banyak jalan untuk berpindah toko.

3| Bawa uang cash secukupnya, transaksi disini jarang ada yang menerima pembayaran dengan kartu debit atau kartu kredit.

4| Selalu mawas diri dan menjaga barang belanjaan, dompet dan hp, belanjanya dipasar pasti banyak orang dengan niat tidak baik dengan memperhatikan kelalaian kita.

5| Jangan segan menanyakan harga barang dagangan dan berani nawar, kecuali di toko sudah ada price tag-nya.

6| Kalau belanja banyak atau barangnya berukuran besar, misal membeli paket goodie bag datanglah dengan mobil pribadi di pagi hari sekitar jam 8an, masih mudah mendapat parkir kendaraan. Sementara bila beli tidak banyak seperti mainan mobil-mobilan lebih baik datang dengan motor, ojek online atau dengan commuterline.

7| Agak sulit mendapatkan gocar atau grabcar karena jalan raya sempit sekali, apalagi saat ini sedang ada rekonstruksi di bawah jalan layang.

8| Lebih baik tidak membawa anak balita untuk ikut serta belanja, tempatnya sangat tidak nyaman untuk mereka.

Saya rencananya mau membeli lego untuk zaidan, namun setelah keluar masuk beberapa toko, lego yang saya cari tidak ketemu. Daripada sudah berpanas-panas dan pulang nggak bawa apa-apa. Akhirnya saya pun membeli 3 mobil pemadam kebakaran seharga 100 ribu rupiah.

Lumayan banget kan ?!

Mumpung masih liburan, ayah bunda yang masih bingung mau ngajakin liburan anaknya bisa banget buat liburan kesini selain belanja di pasar asemka juga bisa jalan-jalan di kota tua dan mengunjungi beberapa museum yang ada disini, fyi jangan datang dihari senin yah karena biasanya museum libur di hari tersebut.

Ayah bunda ada yang sudah pernah ke Pasar Asemka ? sharing ceritanya yuk di kolam komentar atau yang ingin tanya-tanya seputar Pasar Asemka juga boleh...





loph,
Maya Rumi

You Might Also Like

10 comments

  1. Udah pernah ke asemka, beli buat keperluan ulangtahun, Mbak. Tapi udah lama banget sih, hahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aq juga gak sering kesana mbak, gak sanggup sama panasnya dan ramenya

      Hapus
  2. Noted mbak, aku ke asemka waktu itu nyari buat souvenir nikahan, ternyata Ada maninan juga ya soalnya klo di tempatku asemka terkenal bust nyari souvenir

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sovenir pernikahan lebih bagus di pasar mester jatinegara atau di cikini gold centre mbak evrina, kalo asemka aq memang khusus buat nyari mainan anak yang murmer, hihihi

      Hapus
  3. Wah ada berbagai macam mainan anak anak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mbak,,, puas deh kalo belanja mainan disini

      Hapus
  4. Aku pernah ke pasar Asemka, saat itu aku beli dompet dan ikat pinggang.
    Murah-murah dagangannya dan serunya bisa ditawar.
    Meski bangunan gedungnya terlihat kusam, seperti kurang perawatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas, gedungnya gedung lama semua, cowo pun seneng yah belanja di pasar gini

      Hapus
  5. Mbak, terima kasih sharing-nya. Jujur belum pernah ke Pasar Asemka dan baru tahu kalau jual mainan juga. Selama ini pasar mainan identik dengan Pasar Gembrong. Boleh sesekali aja keponakan ke sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak edwina kalau pasar gembrong jauh sekali dari rumah, makanya aq lebih seneng ke pasar asemka... met belanja yah disana

      Hapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik