Ramadhan Pertamaku, Memperkenalkan Ramadhan Pada Anak Balita

Mei 15, 2018


Tahun ini usia zaidan genap 4 tahun, tepatnya bulan depan tanggal 12 Juni. cepat sekali yah waktu berlalu. tanpa terasa anaknya sudah mau masuk TK A tahun ini dan karena pertengahan bulan Mei sudah akan masuk bulan Ramadhan jadi saya berencana ingin memperkenalkan zaidan dengan kegiatan di bulan penuh berkah tersebut.

Di usianya yang sekarang menurut saya dan suami sudah tepat untuk mulai memberitahu kegiatan-kegiatan selama ramadhan yang tidak hanya puasa dan shalat tarawih saja namun juga kegiatan lain yang menyertainya seperti sahur,  berbuka puasa dan masih banyak lagi.

Rencana baik selalu dimudahkan yah, kebetuan sekali online shop tempat saya berlangganan beli buku anak khusus muslim di instagram @sarah_bookstore pun sedang menjual buku yang berjudul "Ramadhan Pertama" dari penerbit Hoopoe Indonesia. Setelah membaca-baca informasi dan menanyakan lebih jauh untuk isi bukunya di wa chat akhirnya karena merasa cocok dan sesuai dengan yang saya cari, saya pun memutuskan untuk membeli buku seharga 85 ribu ini.



Apa saja sih isi bukunya ?

Buku Ramadhan pertama berbentuk boardbook hardcover berisi 26 halaman, dengan spesifikasi kertas ivory (kertas laminassy glossy dapat dihapus dan di lap), berat buku 400 gr, ukuran buku 17 cm x 17 cm dan bagian ujung buku tumpul (rounded) yang ditulis secara apik oleh Trisa Dini Daswan. Buku ini menurut saya benar-benar bisa menjadi buku panduan yang dapat memudahkan orang tua untuk menjelaskan seputar kegiatan ramadhan kepada anak-anak.

Karena memang ditujukan untuk anak-anak oleh karena itu gambar disetiap halaman pun di ilustrasikan dengan sangat menarik penuh warna warni oleh Evieriel N Primadana dengan tujuan untuk meningkatkan rasa keingintahuan anak dan menyemangati anak-anak yang sudah cukup umur untuk mulai berpuasa atau untuk anak-anak yang belum bisa berpuasa namun bisa membuat mereka tidak bosan untuk membaca buku ini lagi dan lagi.

Ceritanya dimulai dari persiapan menyambut bulan ramadhan yaitu menunggu hilal datang, lalu dijeaskan apa itu puasa, mengapa kita harus berpuasa dan dilanjutkan dengan kegiatan pertama sebelum berpuasa yaitu bersahur lalu di tuliskan juga tentang kegiatan yang bermanfaat yang bisa dilakukan selama berpuasa disiang hari seperti tadarus Al Quran hingga membantu ibu menyiapkan makanan dan minuman untuk Berbuka puasa.

Lalu cerita pun berlanjut dengan kegiatan shalat tarawih, yang disertai dengan nasihat untuk orang tua agar dapat mengingatkan anak-anak untuk tahu tata tertib selama shalat di masjid.  Nah dibagian ini saya juga harus ekstra menjelaskan ke zaidan karena sebelumnya ia hanya di beritahu yang shalat dimasjid itu laki-laki, saya mengatakan perempuan juga bisa shalat dimasjid selama ramadhan sebagai keistimewaan bulan tersebut.

Menyesuaikan dengan perayaan idul fitri atau lebaran yang ada di Indonesia yang tidak hanya ada silaturahmi dengan keluarga dan sanak famili,  dibuku ini juga ada cerita tentang mudik. Buku ini secara keselurahan memang sesuai dengan yang saya cari dan inginkan karena tidak hanya ada cerita tapi mengemas doa-doa dan nasihat untuk orang tua dengan sangat baik.




Baiklah tidak panjang-panjang untuk resensi buku kali ini, buat ayah bunda yang masih kepo untuk isi bukunya bisa langsung main-main ke ig @sarah_bookstore atau langsung chat adminya  ke nomor wa : 0896 8133 6442. info saja adminnya ramah sekali dan fast respons.

Akhir kata, mohon maaf lahir bathin untuk semuanya, Selamat menjalankan ibadah puasa.

Marhaban ya ramadhan




loph,
Maya Rumi

You Might Also Like

15 comments

  1. Seru Ramadhan kalau masih punya anak kecil. Harus pandai2 mengalihkan perhatian mereka dari lapar. Buku2 bergambar gini pasti menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mbak ini anakku belum mulai puasa sih tapi baru mau perkenalan saja, alhamdullilah dengan buku ini jadi lebih mudah memberitahunya

      Hapus
  2. Mohon maaf lahir batin juga mbak, semoga amal ibadah puasa kita diterima Allah SWT. Amin ya rabbal alamin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamin, terima kasih sudah mampir mas adi

      Hapus
  3. Mantep mba, mengajarkan anak lewat buku bergambar jadi lebih menyenangkan ketimbang kita ceramahin doang. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya biar bundanya juga semangat ngajarin dan gak bingung juga

      Hapus
  4. Kebetulan lagi mau cari buku muslim untuk bayi dan anak anak nih mba, soalnya anakku suka diceritain sesuatu hehehe nanti tak cek ke ig

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuah sama dong yah mbak asti.. semoga cocok bukunya dengan yang dicari

      Hapus
  5. ngenalin lewat buku ntar pas prakteknya jadi semangat y mb soalnya neyna gitu jadi setelah tau apa sih puasa, kegiatannya ngapain tahun ini alhamdulilah sudah puasa dan semangat mb :)

    cuss ah kepoin IGnya pengen beli buku juga buat neyna

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuah semoga belajar puasanya kaka neyna bisa lancar yah mbak apalagi kalo dibeliin buku ini jadi kaka neyna bisa lebih paham tentang kegiatan ramadhan yang salah satunya puasa

      Hapus
  6. Bagus untuk edukasi anak-anak selama bulan ramadan ini. Saya lagi cari buku yang seperti ini, anak saya suka baca buku yang ada gambar-gambarnya gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mbak bagus edukasinya untuk anak2 dg buku bergambar gini, karena anak2 lebih suka dengan gambar-gambar

      Hapus
  7. aku belum punya buku tentang ramadan neh mbak, coba nanti aku cek deh koleksi bukunya kayaknya yang ini bisa jadi pilihan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga ada yang cocok bukunya mbak turis

      Hapus
  8. Melalui buku dan cetita memang anak balita lebih mudah memahami sesuatu..

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik