Umroh : Vaksin Meningitis

Februari 19, 2018



Ada yang berencana umroh untuk tahun ini, disini saya ingin berbagi informasi untuk vaksin meningitis yang wajib dilakukan bagi calon jamaah sebelum melakukan ibadah umroh.

Vaksin ini sebenarnya juga wajib kita lakukan tidak hanya bila kita akan melakukan ibadah umroh atau haji namun bila kita akan berpergian ke negara-negara yang mempunyai epidemik meningitis.

Apa meningitis itu ?
Meningitis merupakan radang pada membran pelindung yang menyelubungi otak dan sumsum tulang belakang. Virus meningitis ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian dan cacat yang cukup serius.

Untuk mendapatkan vaksin meningitis ini tidak bisa di lakukan di semua rs, hanya tersedia di rs tertentu yang sepertinya telah di tunjuk oleh pemerintah. Selengkapnya daftar rs di daerah kamu bisa di googling yah, untuk di Jakarta dan sekitarnya ada beberapa tempat, yang salah satunya adalah  di RSUP Fatmawati.

Lokasi :
Gd Griya Husada, Lt 3
RSUP Fatmawati
Jl. Term Simatupang No. 18 
Cilandak Barat Jakarta Selatan

Biaya : 
Vaksin Meningitis Rp. 305.000,-
Vaksin Influenza Rp. 220.000,-

Persyaratan :
1. Mengisi formulir pendaftaran pasien baru di rs
2. Fotocopy Paspor 1 lembar (halaman depan)
3. Struk antrian

Waktu Pendaftaran :
Senin - Kamis, Jam 08.00 - 12.00
Jumat, Jam 08.00 - 11.00
Sabtu, Jam 09.00 - 14.00

Lama antri untuk pendaftaran sekitar setengah jam karena rs hanya menyediakan 3 komputer untuk mengisi data pribadi secara mandiri. Banyak orang tua yang usianya sudah lanjut tidak paham untuk proses ini sehingga waktu saya datang agak berantakan untuk antriannya, belum lagi ada beberapa orang yang malas mengantri dan menitip ke depan, sehingga menyelak antrian dan yang membuat lama juga adalah antrian grup dan pribadi yang tidak di pisah.

Setelah selesai mengisi formulir dan mendapat hasil print outnya, kita berikan berkas tersebut kepada petugas di lt 3 jangan lupa melengkapi dengan foto copy paspor halaman depan. Disini antrian lebih panjang sehingga lebih lama menunggunya dari waktu pendaftaran karena banyaknya pendaftar walaupun telah dilakukan sekali pemanggilan untuk 10 orang bergantian antara laki-laki dan perempuan.

Setelah dipanggil oleh petugas, saya bersama 9 orang perempuan lainnya dipersilahkan masuk keruangan vaksin, ternyata sebelum di vaksin kita di informasikan oleh dokternya tentang tujuan dan alasan pemberian vaksin bagi calon jamaah umroh ataupun haji. Vaksin meningitis di lakukan di lengan bagian atas (pangkal) sebelah kiri, untuk vaksin influenza di lengan bagian atas sebelah kanan.

Untuk vaksin meningitis tidak bisa dilakukan bersamaan dengan vaksin influenza, harus diberi jeda selama satu minggu. Untuk kemudahan pada saat penyuntikan, saya sarankan untuk mengenakan kemeja atau pakaian yang bagian tangannya longgar, agar memudahkan ketika petugas menyuntikkan vaksin pada kita.Untuk vaksin influenza tidak wajib, jadi kita diberikan pilihan untuk melakukan ataupun tidak, saya memilih tidak melakukan karena selain hemat biaya juga hemat waktu, karena tidak harus balik lagi minggu berikutnya.

Setelah selesai vaksin, kita bisa melakukan pembayaran di kasir dan akhirnya kita mendapatkan kartu berwarna kuning, sebagai bukti telah dilakukan vaksin meningitis, kartu tersebut bisa digunakan atau masa berlakunya selama 2 tahun, sementara vaksin influenza berlaku untuk 1 tahun.

Saat melakukan vaksin meningitis ini saya butuh waktu setengah harian, datang jam 8 selesai jam 11 siang. Cukup melelahkan yah. Oiya biasanya dari travel akan meminta kita melakukan vaksin meningitis selambatnya 2 minggu sebelum keberangkatan untuk melengkapi berkas lain untuk ibadah umroh.

Proses vaksin meningitis ini berbeda syarat dan ketentuannya antara daerah Jakarta dengan yang ada di luar Jakarta, hal tersebut saya ketahui dari teman saya yang melakukan vaksin di daerah Jambi dan Bengkulu. Di luar kota pemberian vaksin agak lebih sulit untuk syarat dan ketentuannya. Jadi untuk teman-teman daerah sebelum vaksin lebih baik mencari tahu dahulu atau menanyakan sebelum kedatangan.

Baiklah cukup sekian yah informasi untuk proses vaksin meningitis ketika akan umroh ini, semoga bermanfaat.






loph,
Maya Rumi

You Might Also Like

2 comments

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik