Umroh : Manasik

Februari 20, 2018




Seminggu sebelum keberangkatan umroh, hari sabtu tanggal 27 Januari 2018 lalu saya mengikuti kegiatan manasik yang di selengarakan MQ travel di Balai Kartini.

Apa sih manasik ?

Untuk yang akan umroh atau haji dipastikan akan ada jadwal kegiatan ini. Tidak wajib sih, namun penting untuk di ikuti. Apalagi untuk yang baru pertama kalinya berangkat umroh ke tanah suci. Ini semacam pembekalan diri akan perkiraan atau gambaran untuk kita selama berada di madinah maupun mekah.

Jadi manasik itu ...

"calon jamaah umroh akan di latih tentang tata cara pelaksaan ibadah umroh yang akan dilaksanakannya, misalnya rukun umroh, wajib dan sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah umroh"

Calon jamaah umroh di haruskan datang setengah jam sebelum acara manasik dimulai, karena ada proses pendaftaran terlebih dahulu. Saat itu saya datang diantar suami, tepat jam 7 pagi sudah tiba di sana dan sudah mulai ramai oleh peserta di meja pendaftaran.


source ig : umrohmqtravel


Dari pendaftaran itu saya mendapatkan goodie bag (dan koper) yang berisikan : 
1 pcs bergo putih yang digunakan untuk umroh pertama
1 buku doa-doa selama ibadah umroh
1 tas slempang warna biru dongker 
1 tas ransel untuk dipergunakan sebagai kantong sandal
2 luggage tag untuk koper bagasi dan koper cabin
1 dokumen itenarary dan perlengkapan bawaan
1 koper kabin 20 Inc







Acara di awali dengan kata sambutan dari pihak travel lalu dilanjut dengan materi seputar umroh, kegiatan selama umroh, karena selain umroh kita juga ada jiarah ke beberapa tempat dan penjelasan pengetahuan tambahan untuk doa-doa yang harus dibaca, teori tata cara umroh serta ada sesi tanya jawab juga. Ternyata bahasan yang terlihat singkat ini makan waktu juga, hingga jam makan siang barulah selesai semuanya.





Setelah jam makan siang, acara dilanjutkan dengan breakdown itenarary selama umroh 9 hari, lalu ada penjelasan teknis keberangkatan dan kepulangan, pembagian kamar di hotel, pembagian bus hingga barang-barang yang harus dibawa dan tidak boleh dibawa, barang-barang yang masuk koper kabin dan koper bagasi.

Khusus untuk wanita ada kajian fiqih, terutama menghadapi menstruasi ketika akan melaksanakan umroh dan tayamun di pesawat, Sementara untuk laki-laki ada praktek menggunakan kain ihrom yang baik dan benar. Setelah shalat ashar dilanjutkan dengan praktek umroh bergantian setelah laki-laki barulah perempuan, prakteknya secara garis besar saja, terutama untuk proses thawaf mengitari kabah sebanyak 7 kali.



source ig : umrohmqtravel



Menurut saya sih manasik MQ Travel ini mewah, diadakan di sebuah ballroom besar di Balai Kartini, makanan yang disajikan juga enak-enak dari sarapan hingga makan siang. Untuk makan siang pihak panitia menyuguhkan nasi kapau, mantap !!

Selain manasik ini banyak memberikan informasi terkait dengan ibadah umroh itu sendiri, informasi lain yang masih berhubungan dengan kegiatan umroh juga banyak di beritahukan, seperti pemilihan paket hp untuk komunikasi selama berada di tanah suci dengan keluarga di tanah air.

Manasik umroh ini menghabiskan waktu seharian, saya tidak meyangka akan selama itu yah, karena pembagian acara yang pendek-pendek waktunya, namun saya tidak merasa lelah, ngantuk ataupun bosan selama acara, mungkin karena perasaan senang juga. Saya bena-benar menyimak setiap point yang disampaikan, tentu saja agar benar-benar memahami proses umroh nantinya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk kegiatan manasik :

  1. Datang tepat waktu dan usahakan tidak bolak balik saat berlangsung acara, agar tidak tertinggal informasi yang di jelaskan.
  2. Bila kita ada rencana umroh dengan anak, lebih baik anak tidak di ikut sertakan datang di acara manasik ini, karena untuk mereka akan membosankan.
  3. Bila berangkat umroh dengan pasangan atau setidaknya berdua, lebih baik saat datang tidak dengan motor karena seperti yang telah saya sebutkan di awal diacara manasik ini juga sekaligus untuk pembagian perlengkapan umroh, agar tidak kesulitan untuk membawa 2 buah koper kabin.
  4. Selama acara manasik, panitia banyak memberikan kesempatan untuk bertanya, manfaatkan kesempatan tersebut, agar kita tidak bingung ketika di tanah suci, untuk proses keberangkatan maupun kepulangan.
  5. Untuk manasik tidak ada keharusan menggunakan pakaian atau hijab berwarna putih.


Semoga bermanfaat cerita manasik umroh saya ini.




loph,
Maya Rumi

You Might Also Like

8 comments

  1. aku udah daftar buat tahun depan mbak insya allah neh berguna informasinya. Doain lancar ya hehehe Amin

    BalasHapus
  2. Wah semoga saya bisa umroh ya tahun ke depannya, infonya sangat bermanfaat Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin mbak anisa, mudah2an di limpahkan rejeki untuk umroh yah..

      Hapus
  3. Semoga dilancarkan umrohnya, ya aamiin

    BalasHapus
  4. Semoga lancar rangkaian persiapan umrohnya, mbak Maya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik