Kota Kardus By Tutorial Mainan Kardus

Februari 01, 2018



Hari minggu pagi kemarin saya dan keluarga sudah berada di salah satu mall di Tangerang Selatan, saking paginya toko-toko belum buka, cari parkiran mobil pun nggak pakai lama-lama.

Pagi itu kita datang untuk melihat lauching buku Tutorial Mainan Kardus karya mbak Uchy Widhya. Nah di acara tersebut juga ada acara untuk anak-anak bersama tim Ayo Main dengan tema : "Berpetualang Naik Kereta Ke Kota Kardus".

Acara lauching buku yang diisi juga dengan tanya jawab seputar buku Tutorial Mainan Kardus tidak berlangsung lama hanya kurang lebih sekitar 30 menitan. Mbak Uchy Widhya bercerita tentang kecintaannya pada kardus, karena keinginannya untuk menyenangkan sang buah hati dengan mainan-mainan hingga akhirnya melakukan pembuatan buku hingga kemudian bisa lauching.

Pesannya kepada orang tua, terutama ibu-ibu yang masih belajar membuat berbagai hal dari kardus tidak usah takut gagal atau melihat dari bagus jeleknya barang yang dibuat dari kardus, karena yang di pikiran anak-anak tidak seperti itu, mereka pasti bahagia karena orang tuanya yang membuat untuk mereka.


Acara selanjutnya setelah lauching buku yang paling ditunggu sama anak-anak, bermain bersama tim Ayo Main. Sesuai dengan tema-nya para peserta akan berkeliling ke kota kardus bersama kakak-kakak dari  tim Ayo Main. Anak-anak dibagi dalam beberapa kelompok dengan anggota perkelompok 10 orang, namun sebelum naik kereta kardus anak-anak di minta untuk membuat koper.


Nggak nyangka ternyata aktivitas membuat koper kardus ini seru loh, karena pesertanya anak-anak dan banyak yang masih balita jadi hampir semua orang tua ikut membantu anaknya dalam pembuatan koper kardus ini.

Sebelum kita membuat sendiri koper kardus kita, salah satu kakak dari Tim Ayo Main memberikan tutorial atau mempraktekkannya dahulu, agar kita tahu step by step pembuatan koper kardus kemudian.

Sebenarnya pembuatan koper kardus ini sederhana saja sih, kardus yang diberikan ke anak-anak sudah di pola dengan bentuk koper kita hanya tinggal melipat sisi-sisi tertentu lalu memberikan lem kertas agar kardus dapat berbentuk koper yang terlihat kokoh, kemudian diberi lem kertas, nah untuk lem kertas yang agak lama keringnya diakali dengan diberikan penjepit kertas. Jadi deh koper kardus.


Kegiatan selanjutnya, adalah mempercantik atau mempermanis tampilan koper kardus yang sudah jadi tersebut, Tim Ayo Main memberikan krayon kepada masing-masing grup, kalau yang ini anak-anak tidak usah pakai bantuan orang tua deh, mereka bisa sepuasnya menuangkan imajinasi mereka untuk koper kardusnya entah itu mau di gambar ataupun hanya di warnai saja. Bebas sesuai selera masing-masing. 



Setelah selesai corat coret di koper kardus masing-masing, anak-anak diminta antri di stasiun kota kardus, lalu mereka secara bergantian masuk ke kereta kardus dan berkeliling beberapa saat. Kereta dari kardus dikemudikan oleh seorang masinis di bagian kepalanya dan mempunyai dua buah gerbong, zaidan semangat sekali ketika gilirannya. Saya pun senang melihat Zaidan yang sangat exited, bahkan ketika ia masih mengantri menunggu giliran, terlihat ia sangat menikmati berbagai kegiatan di hari itu.



Selesai mencoba naik kereta kardus, selesai pula acaranya, selanjutnya anak-anak bisa mencoba atau bermain dengan berbagai macam kreasi kardus yang telah tersedia mulai dari mobil balap, mesin atm, perlengkapan dapur dan banyak lagi deh. 

Sementara para orang tua, sudah dari awal banyak yang sibuk wara-wiri untuk mendapatkan foto-foto yang bagus karena ada doorprize, adu keberuntungan untuk mendapatkan kitchen set dari kardus dengan memposting di Instagram aktivitas-aktivitas selama acara.







Sayang sekali durasi acaranya nggak lama, padahal seru sekali, nggak hanya anak-anak bisa main namun juga bisa belajar bebikinan barang dari kardus bersama orang tua mereka. Jadi anak dan orang tua bisa sama-sama menyalurkan kreativitasnya. Mudah-mudahan akan segera ada lagi acara seperti ini.

Ayo bunda dan ayah, ada yang suka buat mainan untuk anak dari kardus kah ? Nah kalau ada bisa banget deh beli buku Tutorial Mainan Kardus dan langsung nyobain bebikinan macam-macam.




loph,
Maya Rumi

You Might Also Like

8 comments

  1. Bermanfaat banget buku ini secara banyak kardus dirumah bekas air mineral dan belanjaan tak terpakai lebih baik dibuat robot, mobil2an, koper, dll. Kreatif!

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung deh mbak asti beli bukunya biar bisa bebikinan dari kardus

      Hapus
  2. Seru ih acaranya... lumayan ya bisa bikin mainan untuk anak hehe. Anak-anak pasti seneng ya mbak diajakin ke event begini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya seru acaranya, nggak cuma anak-anak yang senang, orang tuanya juga senang...

      Hapus
  3. Aku udah lama Mbak tertarik bikin mainan anak dari kardus tapi ga nemu tutorialnya. Makasih udah share jadi saya ada referensi bukunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal order bukunya deh yah mbak trs nyobain bebikinan macam2 dari kardus

      Hapus
  4. Seru ya acaranya :D Aku sekalinya bikinin mainan kardus buat bocil, eh besoknya bocil minta dibikinin mainan lagi... dikira ibunya pabrik mainan kali wkwkwkwkk.. Tapi emang beneran bermanfaat lho bikin mainan kardus ini, anak juga jadi belajar untuk dpt sesuatu harus melalui proses... Tsaahhh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya anak2 seneng bgt buat2 mainan dr kardus, cm kdg aqnya males... hehehe

      Hapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik

part of