Zaidan : 3 Tahun

Juli 12, 2017

Dear zaidan,

Sebulan lalu tepatnya 12 juni 2017 Zaidan sudah genap 3 tahun. Melihat kamu sekarang bunda masih nggak percaya, kamu bayi yang sudah menjadi anak kecil. Sekarang kalau bunda sama ayah panggil kamu "bayiiii..." kamu akan jawab "zidan gak bayi, gak mao bayi" sambil menggeleng kepala kuat-kuat, menunjukkan penolakan. Akh tapi buat bunda kamu seperti itu lucu banget. Bunda gemes banget, saking gemesnya kadang bunda menggigit dagu kamu dan kamu nggak pernah merasa kesakitan atau kamu memang tidak mau rasakan sakitnya yah, seperti ketika kamu selalu begitu ketika sakit deman atau bapil, tidak dirasakan kamu tetap ceria, tetap bisa main ini-itu, bahkan ketika kamu di opname tahun lalu, ayah dan bunda justru kewalahan ketika di rs dengan tingkah laku kamu. Walau kadang pernah juga kamu mengeluh sakit dan gaya kamu malah jadi lebai, padahal gak sesakit itu rasanya. oiya kamu belum bisa membedakan mana gatal mana sakit, menurut kamu gatal itu juga sakit, jadi kalau kamu gatal kamu akan bilang ke bunda "bunda, zidan saki.." tapi tangannya garuk-garuk.

Kamu tumbuh menjadi anak yang nggak bisa diam, yang aktif sekali, bunda senang karenanya. kamu senang berlari-lari, bahkan sejak umur kamu 1 tahun dan sudah lancar berjalan, stroler kamu terbengkalai tak berguna, karena kamu lebih senang jalan kemana-mana, jadi bunda sama ayah kalau ke mall nggak pernah bawa stroler untungnya zaman sekarang, stroler banyak di pinjamkan di mall-mall. Kesukaan kamu selain lari-lari di mall juga ketika kita pergi belanja di dept store, kamu juga sering ngumpet bahkan pernah ngerjain ante sampai panik karena hampir tak menemukanmu dimana-dimana. Ante bilang ke bunda "gw pengen nangis nyari Zaidan nggak ketemu-ketemu, terus takut lo amuk kalau sampe nggak ketemu juga, untung pas minta bantuin pramuniaga akhirnya ketemu dia lagi jongkok diantara rak gantungan baju-baju dan dia nyengir-nyegir kesenengan pas ngeliat gw, gw gregetan banget". Lain lagi kalau kita ke supermarket, afa katamu, "bunda zidan mau es krim... slurp" (ayah yang mengajarimu mengatakan seperti itu) lalu kamu akan berkeliling mendorong troli mainan dan akan mengambil satu nyam-nyam dan 2 botol kecil susu.

Bunda nggak terlalu ingat kapan ayah mulai mengenalkan kamu ke mobil-mobil besar itu atau kereta yang kamu sebut dengan thomas, yang buat kamu senang ketawa sekaligus terpukau melihat mobil-mobil itu terutama di perjalanan kerumah mbah uti ketika lewat tol. Mobil pemadam kebakaran (favorite nomor 1), bus (yang kamu teriakin "om tolelot om), cemen mixer (yang dibeliin ayah dengan harga setengah juta, dan bunda cuma geleng-geleng kepala) truk sampah (bau iyuh... blee), excavator yang selalu kamu bawa ketika ke pantai, mobil box dengan mobil container yang belum bisa kamu bedain atau mobil-mobil besar lain yang kamu punya banyak dirumah, tapi bunda nggak tahu namanya, sampe bunda bosen beresinnya, karena kamu masih malas untuk merapikan bahkan sampai bunda belikan box mainan berbentuk mobil pemadam kebakaran malah dijadikan pijakan buat kamu bisa buka kulkas nenek yang besar untuk ambil coklat atau es krim dari freezer. Kalau kamu tidak menemukan mainan-mainan masa kecil kamu itu karena semua mobil atau kereta yang kamu punya sering kamu otak-atik yang pada akhirnya hanya meninggalkan rangka saja, kamu terkadang terlalu ingin tahu atau sok tahu yah ?.

Kamu pinter banget banyak akalnya kalau kata kakek atau seperti kata ante yang akan panik seketika kalau kamu tiba-tiba diam, "pasti zidan sedang berfikir untuk merencanakan keusilan", begitu kata ante tentang kelakukan kamu yang satu itu. Kamu pernah ingin main keluar rumah tapi pintunya bunda kunci terus kamu keluar rumah lewat jendela yang tidak ada teralisnya dan kunci jendelanya rusak, jadi kamu berhasil kabur dari dalam rumah dan main sama io, nuna dan rehan. Gara-gara kejadian itu pernah suatu kali kakek, nenek sama ante pulang dari berpergian dan rumah kuncinya terbawa sama ayah dan bunda, akhirnya mereka masuk rumah lewat jendela, seperti cara kamu. Namun setelah itu tentu saja sama ayah kunci jendela langsung diperbaiki, jadi kamu sudah tidak bisa kabur-kabur lagi kalau siang hari waktunya tidur tapi kamu khawatir ingin main diluar, dan agar tidak ada maling masuk rumah juga.

Kamu itu dari bayi sudah doyan makan, bahkan kata nenek ketika kamu baru lahir "zaidan udelnya gede banget, tukang makan nih tar gedenya". Walau setiap hari kamu nggak pernah bosan makan bakso porsi dewasa pakai nasi putih, kamu juga suka nemenin bunda makan mie ayam labu di hari minggu pagi, setelah kita sepedahan keliling kavling, kamu juga doyan banget somay tanpa kecap, puding susu aneka rasa yang bunda buatkan tiap minggu, telor rebus atau goreng yang dimakan bersama sayur bayem dengan jagung atau sop bakso dengan wortel, dan cemilan favorite tentu saja tempe goreng yang baru matang, 0namun begitu ada yang paling nggak biasa dari makanan kesukaan anak-anak adalah kesukaaan kamu sama lalapan : daun selada, kol dan ketimun. Adalagi kebiasaan kamu yang aneh menurut bunda, bukan makanan atau masakannya tapi kamu sering sekali ketika tengah malam hanya makan nasi putih saja lalu kamu baru mau tidur.

Kamu yang paling pintar merayu bunda, daripada ayah, ketika bunda kesal dan akan marah, kamu akan segera mengeluarkan jurus mata kucing yang akan membuat bunda berkata dalam hati "ohhh" lalu kamu akan mencium bunda bertubi-tubi penuh cinta dan kasih sayang plus waspada takut-takut rayuan (pulau kelapanya) gagal, tapi itu selalu berhasil membuat bunda luluh dan tersenyum.

Kamu paling nggak suka tidur dimalam hari dan bunda sedang membuat kebiasaan untuk mendongengkan kamu sebelum bobo karena yang sering terjadi kamu malah asiek main game pake hp ayah, iya kamu jago main beberapa game, yang bunda nggak bisa dan kamu sering maksa bunda untuk main dengan bilang "sekarang giliran bunda" kebiasaan bobo tengah malam ini dimulai ketika kamu berusia 2.5 tahun, kamu selalu bilang "zidan gak obo... zidan maen ajah" lalu karena bunda tidak bisa tidur tengah malam maka bunda dan kadang-kadang ayah sudah terlelap padahal kamu masih asik main dan keluar masuk kamar ke ruang tamu untuk ambil main-mainan sendiri, karena kamu nggak pernah takut gelap bahkan ketika kita kita menonton film di bioskop.

Yang kamu nggak suka berikutnya adalah mandi di pagi hari lalu bunda akan memaksa dengan mengatakan "gak mandi cuma basahin badan, muka sama kepala aja" atau "gak usah mandi, zizi berendam aja yah" setelahnya kamu nggak mau udahan ketika berendam, dan selalu mau berendam hanya di kolam plastik bergambar ikan, tidak mau di bak. Nggak suka mandi bukan berarti nggak demen main air, lebaran tahun ini (2017) kamu ngambek ketika kita kerumah mbah uti karena kamu maunya ke pantai main pasir, akhirnya kita ke pantai ancol biar kamu nggak merengek terus "bunda, kita kepantai yuk" atau "ayah, kita berenang kan".

Sekarang kamu masih toilet training, bunda masih gagal terus untuk mengajarkan kamu untuk nggak pakai pampers, kamu malah selalu mengatakan mau pipis atau ee setelah terjadi. Hufff! Namun bunda salut dengan keinginan kamu untuk rajin sigi (bahasamu untuk sikat gigi) sebelum bobo ketika malam hari. Bahkan kamu tahu ketika akan mulai sigi kamu harus mengatupkan gigi atas dan bawah sambil bilang "chiss" lalu "aaa" untuk membuka mulut lebar-lebar dan bunda dengan mudah bisa menggosok gigi atas dan bawah terutama bagian dalam. Beberapa bulan lalu kita ke dokter gigi, da dokter gigi memuji bagusnya gigi kamu yang putih dan rapi dan kamu dapat hadiah dari bu dokter itu. Kamu juga sudah pintar tak lagi minum susu dengan botol yang berdot, tapi kamu minum dengan botol bersedotan atau langsung dari gelas.

Biasanya kalau malam sebelum bobo kamu akan minta di setelkan tivi, memberikan bunda remot tv dan juga remot ac.  Salah satu film favorite kamu peanuts, sudah nonton berkali-kali... bunda sama ayah juga sampai bosan tapi nggak buat kamu. Yang lucu ketika kamu nonton film kartun adalah ketika ada adegan sedih kamu akan ikut nangis seperti saat kita nonton the good dinosaur dan pernah suatu kali kamu nontom film tayo lalu kamu nangis sesegukan, sampai kakek heran karena tiba-tiba kamu nangis sambil menonton film itu.

Apalagi yah cerita tentang kamu, hhmmm bunda suka setiap kali bunda pulang kerja kamu akan memanggil bunda dengan girang, mencium bunda sebanyak-banyaknya dan memeluk bunda dengan sangat erat namun tak lupa sebelumnya salim dulu sama bunda. Kalau berangkat kerja, lebih baik melihat kamu masih terlelap dan bunda akan cium kamu dengan meninggalkan banyak bekas lipstik di muka kamu, tapi kalau kamu pagi-pagi sudah bangun kamu tidak mau bunda pergi meninggalkan kamu "bunda gak kerja... bunda main aja" atau "zidan kiku (ikut) bunda" bunda jadi sedih apalagi kalau kamu sampai nangis-nangis kejer.

Banyak banget deh cerita perkembangan kamu, yang paling berkesan dan selalu bunda ingat sampai saat ini, itu dulu yahhh. Nanti bunda akan cerita lagi.

cium sayang,
bunda













You Might Also Like

20 comments

  1. Hai salam kenal. Putra saya Ziqri juga akan berusia tiga tahun awal Agustus. Menceritakan perkembangannya memang gak ada habis2nya, rasanya ga nyangka yang kemarin rasanya baru lahir sekarang sudah pintar macam2 Huehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mbak nisa, iya mbak kalo sudah cerita anak gak cukup kayanya 1 postingan, hihihi.. terima kasih sudah mampir yah mbak

      Hapus
  2. Semoga jadi anak sholeh, Zaidan. Makin gede makin pinter. Bentar lagi sekolah. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih doanya mbak nunik, dan sudah mampir ke blog ini..

      Hapus
  3. Zidan dimasa depan pasti mewek deh kalau baca tulisan bundanya yang ini :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi pengen lihat ekpresi meweknya zidan dimasa depan.. hihihi.. terima kasih syunamom sudah mampir kesini

      Hapus
  4. Nanti kalau Zaidan sudah besar pasti tersentuh hatinya baca tulisan bundanya. Pas nulis ini mellow nggak mba? nggak kerasa anak makin besar dan makin banyak perkembangannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nulisnya mellow bgt mbak saking mellownya rencana mo publish di ultahnya bulan juni jadi lewat sebulan,, hahaha. skrg udah gak ada lagi bayi tau-tau udah jadi anak kecil aja

      Hapus
  5. Selamat ulang tahun ya Zidan. Insya Allah jadi anak sholeh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak lusi atas ucapan dan doanya. Aamin allahuma aamiin

      Hapus
  6. Mamat ulang tahun Zaidan, semoga tambah pinter, sehat-sehat, banyak rejeki, dan jadi kebanggaan keluarga :-*

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas doa & ucapannya mbak sandra,,

      Hapus
  7. Selamat ulang tahun, Zaidan! Semoga menjadi anak yang soleh, berbakti kepada orang tua, rajin sekolahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak edwina untuk ucapan doa-nya... makasih juga udah mampir ke blog aq

      Hapus
  8. Halo dede Zaidan aktif banget ya aku sampe gregetan jg pas yg main ante ke mall tau2nya ngumpet untung antenya ga panik klo panik bisa geger 😂 selamat usia 3 th smg makin pinter, sehat dan nanti sekolahnya yg rajin aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih teh herva untuk ucapan dan doanya.. dan terima kasih juga sudah mampir di blog ini

      Hapus
  9. aku jadi inget anakku mba..perasaan baru kemaren keder ngasi sekarang harus sapih...met milad abang zaidan jadi anak sholeh kebanggan orang tua..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi mbak widhie, waktu cepat berlalu yah... tau-tau mrk sdh gak bayi udah jadi anak kecil, pas mrk bayi kita pgn mrk cepet gede, pas udah gede malah pengen sebaliknya.. hihihi
      terima kasih sudah mampir yah mbak...

      Hapus
  10. Hanya beda satu bulan sama anakku mbak ultahnya. Semoga Zidan makin pinter dan jadi anak sholeh ya. Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. oiya mbak turis, xixii, amiin untuk doa2nya, makasih udah mampir mbak

      Hapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik