Review : Ajag Ijig Resto

Juli 06, 2017


Kemarin siang seperti siang-siang yang sebelumnya, saya dan dua orang temen kantor selalu bingung dan saling tanya satu sama lain mau makan siang apa dan dimana ? Selalu deh begitu setiap hari dan hari itu bukan cuma karena lagi bosan sama jajanan makan siang di daerah kantor tapi karena kebetulan duit masih banyak, tanggal muda eh tapi padahal abis lebaran yah. Rejeki emang ada aja sih. Akhirnya salah satu dari temen saya ngajakin kita ke daerah juanda buat makan siang disana, denger dia cerita sih oke tempat sama makanannya. "Kuliner betawi, cocoklah pokoknya". Berangkatlah kita dengan grabcar.

Nama restonya Ajag Ijig artinya mondar mandir dari bahasa betawi, ada sejak februari 2015 dan pemiliknya artis Carrisa Putri, dari nama resto tersebut, pemilik berharap orang akan sering bolak-balik ke sini entah karena tempatnya ataupun makanannya.












Pas masuk ke restonya sepi loh, cuma kita bertiga aja, saya jadi nggak yakin sama resto ini, karena ini jam makan siang. Kita langsung menuju lantai paling atas dengan teman saya yang sudah pernah kesini masuk paling dulu, karena katanya bisa merokok setelah makan siang yang ternyata itu adalah lantai 3 dan dalamnya besar banget, banyak mejanya dan kursinya tidak rapat. Begitu kita duduk, waiter segera datang memberikan buku menu lalu meninggalkan kita selagi kita pilih-pilih makanan dan minuman buat makan siang ini. Pembagian menu makanan dan minumannya lucu-lucu kalau menurut saya, seperti list di bawah ini :

  1. Buat yang haus : air mineral, es teh manis/tawar, soda gembira, soda susu, soft drink dan jus aneka rasa (range harga : 10k - 28k). 
  2. Minuman spesialnye : es timun cincau, es kelapa jeruk, es teler, es cendol, es campur, milkshake, nutelashake, oreoshake, bengbengshake, peanutbuttershake, bir pletok & sekoteng. (range harga : 23.5k - 36k).
  3. Nyang mau nyemil : roti maryam aneka rasa, risol, pastel, sambosa, kue talam & kue rangi. (range harga : 15k - 26k).
  4. Nyang enteng-enteng : tahu pong, asinan kerupuk mie, ketoprak, gado-gado, karedok, kroket dan tahu goreng (range harga : 15k - 28k).
  5. Nyang berat-berat : bubur, nasi bakar, aneka rasa nasgor, dan nasi bogana (range harga : 28k - 47k).
  6. Nyang pake kuah : ketupat sayur, soto mie, soto betawi, tongseng kambing, sop buntut, pindang bandeng, laksa betawi, garang asem, dan sop iga (range harga : 31k - 70k).
  7. Pelengkapnye : sayur asem, empal/paru, tahu/tempe, sate, nasi putih, emping, kerupuk, ayam goreng/bakar dan sambal 3 rasa (range harga : 6.5k - 21k).
  8. Nyang manins ame seger : Roti bakar aneka rasa, tape bakar dan pisang bakar (range harga : 21k - 30k).
  9. Ngopi : kopi tubruk, expresso, latte, moccacino, machiato, latte hazelnut, long black, cappucino, ice coffee blend, ice/hot chocolate (range harga : 15k - 31k).
*semua makanan & minuman belum termasuk service charge 7.5 % dan PB1 10%

Tapi semua menu itu nggak ada gambarnya, saya paling nggak suka kalau menu makanan cuma tulisan doang, nggak ada gambaran gitu makanan akan seperti apa, di dindingnya juga nggak ada contoh makanan yang disajikan resto itu dan di menunya juga nggak ada petunjuk misalnya : recomended by chef, favorite atau tanda jempol atau cabe gitu tapi untung masih ada keterangan harganya. Saat kita pesan waitres sih menjelaskan beberapa makanan yang kita tanyain, tapi matanya nggak menatap kita loh, malah melihat ke tamu yang lain dan nggak ramah juga, tapi keren juga sih dia nggak bawa kertas catatan tapi hafal sama pesanan-pesanan kita.





Minuman kita sih datangnya cepat 2 es teh manis dan 1 teh manis leci tapi makanan agak lama dan teman saya memberitahu ada mushola di pojok lantai tersebut. Akhirnya saya putuskan kesana, hitung-hitung sambil nunggu makanan datang. Eh musholanya diluar dugaan bagus, rapi dan ruangannya luas walau hanya dijadikan 2 shaf, satu untuk lelaki dan satu untuk perempuan. Tersedia mukena yang sayangnya sudah agak kotor dan ada sarung juga, dekat tempat wudhu tersedia juga toilet yang bersih untuk laki-laki dan perempuan yang bersebelahan.






Saat saya selesai solat, teman saya sudah menghabiskan makanannya, nasi uduk dengan ayam goreng dan nasi putih dengan soto betawi, jadi saya malas foto pesanan makanan saya yaitu nasi bakar yang didalamnya ada nasi putih dengan sepotong telor rebus, orek, potongan kacang panjang dan ikan teri. Makanan pesanan saya rasanya biasa saja dan kedua teman saya bilang makanan mereka pun biasa saja rasanya. Jadi nggak nyesel, nggak fotoin makanannya. Sambil menunggu saya menyelesaikan makan, teman saya ngobrol sambil merokok dan saya baru ngeh sudah ada pengunjung lain, belum ramai sih karena baru ada 4 meja yang sudah terisi, sampai kita semua selesai makan sekitar jam 2 siang, nggak ada tamu lagi yang datang ke lantai atas itu. Dan ketika saya turun untuk membayar bill dilantai 1, hanya ada 2 meja yang terisi dan 1 meja terisi dilantai 2. Sayang banget deh tempat ini sepi pengunjung, pasti karena makanan yang rasanya biasa saja, padahal pilihan menunya beragam banget.

Walau makanannya nggak ada yang rekomended tapi tempatnya enakkkk, suasananya cozy banget. Enak buat ngobrol santai, ketemu clien, ketemu temen-temen arisan atau kalau mau cari suasana baru buat ngerjain pekerjaan kantor, cocoklah disini. Saya sempet cek Instagram resto ini, kita bisa menyewa tempat untuk ngadain event disini seperti : ulang tahun anak-anak, luncheon atau bridal shower. Nilai plusnya adalah resto ini interiornya bagus, instagramable banget, saya dari datang sudah pengen banget foto-foto tapi nggak bawa kamera dan hp juga sudah mau lowbet.

Jadi saya masih pengen balik lagi sih kesini, mungkin cemilan, es atau kopinya enak.



Ajag Ijig
Alamat : Jl. Ir H Juanda No. 14 Jakarta Pusat
Telpon : 021 - 3522840
IG : ajagijig-resto 

You Might Also Like

4 komentar

  1. Tempatnya klasik. :D Di sini juga ada yang serupa, namanya Kampoeng Brick. :D

    BalasHapus
  2. mdhan aq bisa ke malang dan mampir ke kampoeng brick, makasih mbak nisa sudah mampir

    BalasHapus
  3. Suasana restonya asik, pas buat yang mencari ketenangan. Siapa tahu pas weekend rame kali ya, mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelumnya temen sudah kesana saat wiken mbak, sama aja katanya,, sepiii

      Hapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik

part of